Agar Suasana Santai, Ruang Kelas Dihiasi

0
1046
SISWA-SISWI SDIT Insan Cendikia Dabo Singkep ketika mengikuti ujian semester ganjil dengan suasana ruangan kelas yang dihias, baru-baru ini. F-istimewa

Ujian Semester Menyenangkan di SDIT dan SMPIT Dabo-Lingga

Ada yang unik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Insan Cendikia di Dabo Singkep pekan lalu. Agar suasana lebih santai, ruang kelas dihiasi warna-warni dan banyak balon.

DABO, LINGGA – Seluruh kelas baik SDIT dan SMPIT didekorasi sedemikian rupa oleh guru-guru di sekolah itu. Mulai kertas warna, hingga balon yang menempel di pintu ruangan seperti anak-anak yang merayakan pesta ulang tahun.

Namun, semua itu dilakukan bukan untuk merayakan ujian dengan pesta. Tetapi, seluruh guru sepakat untuk menghilangkan kesan kepada murid-murid bahwa ujian itu bukanlah hal yang menakutkan.

Tak hanya itu, pihak Sekolah SDIT dan SMPIT Insan Cendikia juga tak pernah mengumumkan sesiapa muridnya yang menjadi juara.

Mengapa demikian, lantas hal itu dijawab oleh Kepala Sekolah SDIT yakni H Muliadi LC bahwa kesan ujian itu menakutkan juga pernah dialaminya semasa kecil waktu bersekolah.

Baca Juga :  Maret O2SN Tingkat Kota

Menurutnya, dengan menghiasi kelas tentunya kesan itu hilang dan diharapkan murid-murid santai mengerjakan soal ujian.

”Selama ini tertanam dalam diri murid atau siswa-siswi, ujian itu momen menakutkan. Saya juga alami itu dan ini yang harus dihilangkan. Dengan demikian, saya bermufakat bersama guru-guru lainnya untuk menghiasi kelas agar ujian itu biasa saja,” jelas Muliadi.

Ia menambahkan, bahkan orangtua siswa-siswi sangat senang karena anaknya senang ke sekolah untuk mengikuti ujian semester.

Untuk itu, ia pun bersama guru-guru lainnya hanya ingin menyampaikan bahwa ujian itu harus dilewati dengan baik bukan kesan menakutkan.

Hebatnya lagi, pihaknya tidak pernah mengumumkan sesiapa siswa-siswinya menjadi juara di akhir ujian semester. Namun pihaknya, memperlakukan siswa-siswinya semua adalah juara kelas.

”Ujian itu harus dilewati dengan baik. Tidak ada siswa-siswi yang bodoh, dan semua memiliki potensi masing-masing. Karena semuanya juara, tergantung dengan pelajaran apa yang ia sukai. Bahkan, semua siswa-siswi mendapatkan hadiah dari sekolah, usai pembagian buku rapot. Alhamdulillah, mereka senang ketika pulang kerumah usai bagi rapot,” kata Muliadi yang memimpin SDIT di Komplek Station TVRI Telek, RT 003 RW 004 Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Singkep.

Baca Juga :  Siswa Bisa Olah Kebugaran Tubuh

Muliadi juga mengisahkan, ia juga bukan seorang juara kelas semasa sekolahnya dan menurutnya suskes itu bukan hanya milik siapa yang juara kelas.

”Siapa pun kita, dengan segala potensi yang ada. Tentu jika ingin mencapai suastu cita-cita harus fokus dan bersungguh-sungguh. Juara kelas bukan lah jaminan, akan sukses dikemudian hari. Namun, pembetukan karakter dan mendidik siswa-siswi agar mentalnya kuat dan selalu bersungguh-sungguh dalam mencapai cita-citanya adalah hal yang utama,” katanya.

”Jadi, kami beralasan siswa-siswi kami semua juara,” sebutnya lagi kepada Tanjungpinang Pos.

Selain itu, SDIT dan SMPIT Insan Cendikia berdiri di bawah Yayasan Melayu Cendikia.

Baca Juga :  Bangun Komunikasi ke Wali Murid

Sebagai sekolah islam terpadu, SDIT dan SMPIT sangat berkeinginan mendidik siswa-siswinya memiliki akhlak yang lebih baik. Selain itu, pihak sekolah juga mengajarkan siswa-siswinya menghafal Alquran dan mengutamakan ibadah.

Seperti membaca Alquran setiap hari dilakukan oleh siswa-siswi SDIT dan SMPIT. Bahkan, tamatan SDIT sudah bisa menghafal 3 hingga 5 juz Alquan.

”Untuk membaca Alquran, diawali setiap paginya yakni pukul 08.00 WIB selama satu jam ke depan. Selain itu, sebelum masuk kegiatan belajar mengajar siswa melaksanakan salat duha yang dilakukan secara berjamaah sama juga pada Salat Zuhur,” ungkap Muliadi.

Sementara untuk tenaga pengajar di SDIT terdapat 18 guru dan pada SMPIT hanya ada 6 guru pengajar. Sebab, SMPIT masih terbilang baru dan hanya ada kelas 1 dan dikepalai oleh Nova Herlina.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here