Agus Wibowo dan Yatir Kandidat Pengganti Nesar Ahmad

0
214
Kandidat Pengganti Nesar Ahmad
Hasil rekapitulasi perolehan suara, dari KPU Bintan untuk pemilihan DPRD Kabupaten Bintan, 52 persen wajah lama masih duduk pada periode 2019-2024 mendatang. Tapi, jabatan Ketua DPRD Bintan bakal disandang Agus Wibowo atau Muhammad Yatir dari Fraksi Demokrat, sebagai penggantikan H Nesar Ahmad.

BINTAN – 25 orang anggota DPRD Kabupaten Bintan yang menjabat saat ini, tak ada yang bernyali mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Provinsi Kepri, dari Dapil Bintan-Lingga. 24 orang anggota DPRD Bintan periode 2014-2019, lebih cenderung memilih bersaing kembali memperebutkan kursi di DPRD Kabupaten Bintan. Satu orang, dikabarkan bakal menempuh karier lamanya, dan tidak menjadi caleg pada Pemilu 17 April 2019 lalu.

Kini, proses Pemilu 2019 sudah usai. Dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 untuk pemilihan DPRD Kabupaten Bintan pada Pemilu 2019 lalu, sebanyak 8 orang anggota DPRD Bintan periode 2014-2019 (petahana) kembali terpilih sebagai anggota dewan periode mendatang. Mereka yang bakal duduk di kursi DPRD Bintan itu antara lain Siti Maryani, H Nesar Ahmad, Fiven Sumanti, Sahak, Eddy Tiawarman, Muhammad Yatir, Agus Wibowo, Zulkifli. Dan seorang anggota dewan pendatang baru, yaitu Suhardi SE dari Partai NasDem.

Dari Dapil 2, persaingan merebut suara rakyat di Kecamatan Tambelan, Mantang dan Bintan Pesisir berlangsung sengit. Tiga jatah kursi diraih atas nama Arwan, Agus Hartanto dan Muhammad Najib. Maaf, Azman dan Helmy sebagai calon petahana, gagal menuju gedung di Bintan Buyu.

Dari Dapil 3, empat anggota dewan merupakan wajah baru. Hanya tiga calon petahana (incumbent) yang masih bertahan. Tiga anggota dewan yang masih duduk di periode mendatang itu Zulfaefi, Hasriawady, dan Muttaqin Yaser. Sedangkan empat wajah baru tersebut adalah Aisyah, Yanti Maryanti, Tarmizi dan Sri Wahyuni. Sementara, Trijono, H Amran, Harbaiyah dan M Zuhdi harus berlapang dada untuk melepaskan jabatan wakil rakyat ini.

Sedangkan dari Dapil 4, lima orang calon petahana juga gagal untuk melanjutkan sebagai anggota dewan, pada periode lima tahun mendatang. Mereka adalah Umar Ali Rangkuti, Hesti Gustrian, drg Raja Miskal, Andreas Salim dan Agustinus Purba. Hanya 2 orang anggota dewan periode lama yang kembali terpilih, Suardi dan Bani Suparti.

Di balik tersisihnya lima anggota DPRD Bintan dari Dapil 4 ini, justru muncul empat wajah baru sebagai anggota DPRD Bintan ke depan. Wakil rakyat yang dimaksud yaitu Indra Setiawan, yang merupakan wajah baru stok lama. Indra Setiawan sebelumnya sudah pernah menjabat anggota DPRD Bintan, namun mundur karena mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Bintan. Selain Indra Setiawan, wajah baru dari Dapil 4 ini yaitu Mirwan, Zakirman dan Eriyanti.

Dari total perolehan kursi di DPRD Kabupaten Bintan, Demokrat sebagai pemenang dengan meraih 8 kursi. Demokrat akan menduduki jabatan Ketua DPRD Kabupaten Bintan, untuk periode lima tahun mendatang. Golkar dengan perolehan 6 kursi dan NasDem 4 kursi, akan menjabat Wakil Ketua DPRD Bintan. 7 kursi tersisa lainnya itu diraih oleh PKS (3 kursi), PDIP (2 kursi), Hanura (1 kursi) dan PAN (1 kursi).

”Hasil rekapitulasinya sudah kami serahkan ke KPU provinsi, dan sudah diplenokan juga di tingkat provinsi,” kata Samsul, komisioner KPU Bintan, kemarin.

Sebelumnya, Sekretaris DPC Partai Demokrat Bintan Remon belum memberikan pernyataan, mengenai siapa yang bakal menjabat sebagai Ketua DPRD Bintan, untuk periode mendatang.

”Memang benar, kami dari Demokrat yang menjabat Ketua DPRD Bintan, nantinya. Apakah AW (Agus Wibowo) atau M Yatir atau 6 nama lainnya, itu tergantung DPP,” sebut Remon, saat ditanya, baru-baru ini. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here