Agustus Berlalu, Lomba Gerak Jalan Belum Jelas

3
731
Maskur Tilawahyu

TANJUNGPINANG – Pembahasan terkait pelaksanaan Lomba Gerak Jalan dalam rangka HUT ke-73 Kemerdekaan RI sudah tidak terdengar lagi.

Padahal, sebelumnnya Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang sudah berniat penyelenggarakannya dengan pembiayaan dianggarkan di APBD Perubahan 2018. Bahkan, sudah seminggu terakhir, Pemko mengirimkan surat ke DPRD Tanjungpinang meminta persetujuan tersebut, hingga kini belum diputuskan.

Ketua Komisi I DPRD Tanjungpinang, Maskur Tilawahyu mengatakan, sampai sejauh ini dia tidak mengetahui pasti apakah kegiatan ini akan dilakukan atau tidak. Hanya saja Maskur berpesan agar berhati-hati mengambil kebijakannya.

”Saya kemarin ketemu Pak Djasman (Kadispora Pemko Tanjungpinang) dan saya pesan hati-hati. Jangan karena kebijakan yang kurang tepat menimbulkan persoalan di kemudian hari,” ujar Maskur kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Ia secara pribadi juga mengaku tidak berani menandatangani berkas yang menyetujui kegiatan tersebut dilaksanakan dan biaya akan dibayarkan di APBD Perubahan.

”Kalau kami DPRD tidak ada niat menghalangi kegiatan itu. Sekarang yang mau ditanyakan, siapa yang berani menandatangani berkas persetujuan dilaksanakan terlebih dahulu. Khawatir jadi temuan, karena telaksana terlebih dahulu dan baru dibayarkan di APBD Perubahan. Terkecuali urgent atau perintah dari perintah pusat,” ucapnya.

Maskur mencontohkan, pemerintah pusat akan membuka pelaksanaan penerimaan CPNS, namun Pemko Tanjungpinang tidak mengalokasikan anggarannya di APBD murni 2018 ini.

”Agar kegiatan itu bisa berjalan, bisa saja DPRD menyetujui adakan penerimaan CPNS, nanti biayanya dibayar melalui APBD Perubahan,” katanya.

”Ini mendesak dan sesuai instruksi pusat. Jika tidak menyetujui maka kekurangan ASN di lingkungan Pemko tidak terpenuhi,” ucapnya lagi.

Meski demikian, kader Demokrat tersebut tetap menyayangkan gagalnya pelaksanaan Lomba Gerak Jalan dalam HUT Kemerdekaan, hanya saja ia menyarankan harus ada pesta rakyat, namun dengan momen yang berbeda.

Misalnya, HUT Sumpah Pemuda, HUT Otonomi Kota Tanjungpinang serta lainnya.
”Saya kemarin sarankan OPD terkait mencari momen lainnya saja yang dapat dialokasikan di APBD Perubahan. Jika dipaksanakan, kasihan pelaksananya,” tuturnya.

Meski demikian, ia meminta Pemko Tanjungpinang untuk tegas, bahwa kegiatan itu tidak dilaksanakan karena anggaran yang belum tersedia, bukan karena dewan tidak menyetujui kegiatan tersebut.

Ia menilai, jangan sampai bola panas itu dilempar ke DPRD. Sebab batal terlaksanakan karena Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemko yang tak mengalokasikan anggarannya, padahal sejak awal sudah disetujui DPRD. (dlp)

3 KOMENTAR

  1. Saya dan rekan-rekan yang mengikuti gerak jalan dari warga kijang kota kabupaten bintan timur sangat kecewa apa bila tidak di adakan gerak jalan.pada hal kami sudah berapa kali latihan dan semua peralatan sudah siap semua nya.jangan putuskan semangat anak-anak pemuda di kepulauan riau khusus nya di tanjung pinang,Tanjung uban, dan Bintan. Jadi saya mohon semoga di adakan gerak jalan tahun ini.

    #salam pemuda olahraga bintan

  2. kalau tahun ini gerak jalan tidak di adakan, masyarakat Kepulauan Riau khususnya Tanjungpinang pasti akan sangat kecewa karena sudah banyak masyarakat yang latihan fisik untuk mengikuti kegiatan tersebut tetapi tidak jelas diadakannya. Untuk Bapak pengurus kegiatan ini mohon info dan bantuannya agar kegiatan ini dapat diselenggarakan, karna Gerak jalan sudah menjadi tradisi di kota Gurindam ini.

    #SalamPemuda&Olahraga

  3. Banyak pembacotan banyak para pemuda dan remaja sudah membeli barang yang sudah diperlukan tapi nyatanya seperti ini kalau tidak ada namanya gerak jalan jangan disebar. Kami selalu semangat apaa kalian gak ingin melihat para pemuda pemudi kalian senang bukan malah bikin kecewa .tolong dibaca jangan kebanyakan memberi harapan palsu. Kegiatan yang tidak penting disponsorin giliran gerak jalan setahun sekali ditunda-tunda gak jelas kebenarannya .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here