Agustus, OPD Baru Sudah Efektif

0
75
Adi Prihantara

BINTAN – Pemkab Bintan sudah merevisi nomenklatur Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang menjadi koreksi Pemprov Kepri, dari Perda revisi SOTK Kabupaten Bintan. OPD baru sudah efektif dijalankan Pemkab Bintan, Agustus mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan Adi Prihantara menjelaskan, dari hasil evaluasi Pemprov Kepri terhadap Perda revisi SOTK Bintan, ada satu nomenklatur OPD yang dikoreksi. Yaitu Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Hasil evaluasi Perda SOTK itu, awalnya disampaikan ke DPRD Bintan.

Dari koreksi itu, Pemprov meminta agar diubah menjadi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Karena, bidang pangan dinilai menjadi perhatian penting bagi pemerintah pusat sampai ke tingkat daerah.

”Koreksi nomenklatur OPD itu sampai kepada kami, pada pertengahan puasa Ramadan lalu. Nah, nomenklatur OPD itu sudah kami ubah, menjadi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Sedangkan yang lain, tidak perlu diubah,” kata Adi Prihantara, Rabu (27/6) kemarin.

Selanjutnya, Pemkab Bintan sudah mengiventarisasi pegawai, untuk dirotasi ke OPD yang baru tersebut. Seperti Dinas Tenaga Kerja, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Kominfo, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, serta Dinas Pemuda dan Olahraga. ”Kami targetkan, OPD baru itu sudah efektif, Agustus mendatang,” tegas Sekda.

Untuk pegawai di OPD baru itu, lanjut Adi Prihantara, akan ditempatkan pegawai dari OPD lama, sesuai dengan bidangnya. Hanya sedikit penambahan, untuk staf di OPD baru itu. Sedangkan untuk jabatan fungsional atau pimpinan OPD baru itu, bakal dijalankan masing-masing Sekretaris. Sehingga, pimpinan OPD itu dijabat oleh Sekretaris sekaligus Plt.

”Untuk Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT), akan kita isi sekitar Desember nanti. Karena, untuk pejabat definitif OPD baru itu, harus dilakukan open bidding,” tegas Adi Prihantara.

”Khusus di Setda, Bagian Kominfo akan dihapus. Tapi, bakal bertambah satu bagian, yaitu Unit Layanan Pengadaan (ULP). Menjelang akhir Juli la, kita mutasi pegawai untuk mengisi OPD baru itu,” tambahnya.

Pada kesempatan lain, Kepala Dinas Pengeloaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Bintan Mohd Setioso mengatakan, anggaran untuk OPD baru sudah tersedia di APBD. Tapi, beberapa kegiatan OPD baru itu, diajukan dalam APBD perubahan ini. ”Sekarang ini, kami sedang menyusun APBD perubahan itu,” ujar Setioso. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here