Air Belum Dikelola Maksimal

0
539
SUMBER air yang berada di gunung Pasir Panjang Desa Landak Kecamatan Jemaja yang belum dimanfaatkan dengan maksimal dan membutuhkan penampungan seperti bak air.f-indra gunawan/tanjungpinang pos

Kebutuhan air bersih menjadi salah satu faktor pendukung dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, sumber air yang melimpah belum bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.

ANAMBAS – Hal itu disebabkan tidak tersedianya tempat penampungan untuk mendistribusikan air dengan baik. Sehingga, ke depannya perlu dibangun bak penampungan.

Seperti sumber air yang berada di Gunung Pasir Panjang Desa Landak Kecamatan Jemaja yang bisa memenuhi kebutuhan seluruh warga Kecamatan Jemaja termasuk bagi warga sekitar di Desa Landak.

Namun, hal itu diperlukan pembangunan Bimtek atau tempat penampungan air dan pengairan yang baik. Saat ini air tersebut hanya mengalir melalui anak sungai menuju laut dan dinilai tidak dimanfaatkan.

Baca Juga :  Bupati Mengisi Liburan dengan Goro

”Kami akan mengajukan kepada Pemda Anambas atau Pemprov Kepri untuk dapat merencanakan pembangunan tempat penampungan air dan bisa dianggarkan pada masa yang akan datang,” ungkap Amirullah selaku Kepala Desa Landak Kecamatan Jemaja ketika ditemui, Selasa (27/2).

Ia menjelaskan, untuk mencapai titik sumber air tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya membutuhkan waktu 30 menit berjalan kaki ke puncak gunung. Jarak dari perkampungan Pasir Panjang ke titik air sekitar 2 Km saja.

Beberapa minggu yang lalu ia bersama warga lainnya sudah melakukan survei ketitik sumber air dan sekaligus melakukan pembersihan.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here