Air Bersih di Indonesia

0
105
Permata Ayunda

Oleh : Permata Ayunda
Mahasiswi Politeknik Statistika STIS Jakarta

Dari zaman ke zaman, air bersih masih menjadi masalah bagi banyak masyarakat Indonesia, baik di Sumatera, Jawa, hingga Papua.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini terdapat beberapa perusahaan air bersih yang hadir sebagai salah satu solusi permasalahan ini.

Berdasarkan publikasi yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) RI mengenai statistik air bersih, terdapat 536 perusahaan air bersih yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia pada tahun 2018.

Baca Juga :  Pentingnya Pengawasan Keamanan Pangan Segar

Pada tahun 2018, jumlah pelanggan dari perusahaan air bersih tersebut adalah 15.378.738 pelanggan yang tersebar di seluruh provinsi. Angka ini terbilang kecil bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2018.

Berdasarkan grafik di atas yang bersumber dari publikasi statistik air bersih yang dikeluarkan oleh BPS, pelanggan perusahaan-perusahaan air bersih terbagi menjadi 4 kelompok yaitu sosial, non niaga, niaga & industri, dan khusus.

Yang mana pada grafik tersebut, terlihat jelas bahwa kelompok non niaga menjadi jumlah pelanggan terbesar dari perusahaan air bersih bila dibandingkan dengan kategori lainnya yang cenderung sama jumlahnya.

Baca Juga :  Duka Palu, Dosa Kita

Dilansir dari sumber yang sama produksi air bersih setiap bulannya pada tahun 2018 cenderung stabil dengan jumlah 4.879.050 ribu m3.

Tentunya menjadi pertanyaan mengapa air bersih ini masih menjadi sebuah masalah yang belum terpecahkan bila melihat data bahwa setiap bulannya produksi air bersih cenderung stabil.

Perilaku dan kebiasaan dari masyarakat mungkin menjadi salah satu indikator yang mempengaruhi permasalahan ini. Dengan penggunaan air yang hemat dan efisien mungkin bisa membantu permasalahan ini.***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here