Air Bersih Sering Ngadat

0
824
GEDUNG SWRO: Inilah gedung SWRO di Batu Hitam, Tanjungpinang f-dok/tanjungpinang pos

MBS PDAM di Di perumahan taman pesona asri, jalan sriwijaya 1, blok C no 9 sering mati. Kadang tidak ada air yang mengalir sama sekali. Tolong solusinya.
+6281249083791

TANGGAPAN:
Perlahan-lahan masalah air bersih di Tanjungpinang di atasi. Saat ini pengelolaan air laut menjadi air minum atau yang dikenal Sea Water Reserve Osmosis (SWRO) di Batu Hitam, Tanjungpinang sudah dioperasikan mulai 1 Agustus. Pengelolaannya, sudah pasti oleh pemko Tanjungpinang. Kalau dilihat jadwalnya sudah ad kesepakatan baru antara pimpinan Satker air dengan wali kota.

Jadi terhitung per 1 Agustus, pengelolaannya sudah mulai dioperasionalkan Pemko Tanjungpinang. Hanya saja, sebelum sepenuhnya dikelola Pemko melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ditunjuk, terlebih dulu pihak Satker kembali akan melakukan proses perbaikan perangkat yang sudah lama tersedia. Perbaikannya seperti meteran yang sudah dipasang di setiap rumah warga namun rusak, kebocoran, pipa, meteran yang hilang, ada yang pecah malah ada sambungan pipa yang hilang.

Baca Juga :  Satgas Pertamina Pantau BBM Natal dan Tahun Baru

Nah, hal ini yang menjadi tugas berat pihak Satker Air Pengembangan Pengelolan Air Minum di Kepri yang diberi tanggungjawab atas masalah ini. Walaupun sebenarnya pihak kontraktor menyanggupi untuk dilalukan perbaikan, namun tidak sepenuhnya akan perbaiki mengingat, masa serah terima dan masa pemeliharaan sudah lama berakhir.

Mereka katanya mau bertanggungjawab, tapi sebatas kemampuan mereka. Sudah tidak ada anggaran dari pemerintah memang ada anggaran, untuk optimalisasi, hanya sekitar Rp 100 juta, dan itu tidak akan cukup. Untuk tahap awal, yang akan dioperasikan nanti dari Jalan Merdeka sampai Pelantar III, kemudian baru menyusul daerah lain secara bertahap. Uji coba tahap awal sepanjang Agustus ini. Kemudian lainnya, khusus masyarakat yang sudah mendaftar tidak akan dikenai biaya sepanjang masa uji coba ini berjalan. Rencananya dalam waktu dekat ini Pemko akan menunjuk UPTD-nya.

Baca Juga :  Waspadai Penyelundup!

Ada beberapa tenaga di lingkungan Pemko Tanjungpinang yang sudah dikirim ke Satker Air Pengembangan Pengelolan Air Minum di Kepri di Kementerian PUPR. Hanya saja, tim yang dikirim tersebut, belum ke jaringan distribusi, melainkan teknis. (ais)

Rudy Chua
Anggota Komisi II, Bidang Perekonomian dan Keuangan DPRD Kepri, 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here