Air Lancar, Warga Siap Bayar Iuran

0
466
Penyulingan: Tampak poto tempat penyulingan air bersih di jalan Rintis F-

ANAMBAS – Terkait kebutuhan pasokan air bagi masyarakat khususnya Kota Tarempa dinilai sudah cukup baik. Beberapa bulan sebelumnya, air mengalir sampai kerumah dan belum mengalami kekurangan air. Salah seorang warga Desa Tarempa Barat Kecamatan Siantan Sahrial mengatakan, jika dirinya bisa menilai saat ini aliran air sudah mulai mengalami peningkatan jika dibandingkan pada tahun sebelumnya. Ia juga merasa nyaman dan aman, dalam menikmati pasokan air tersebut.

Sahrial berpendapat, bahwa keluhan masyarakat selama ini sudah direspon oleh pemerintah daerah dan ke depannya perlu dipertahankan. ”Saat inj kebutuhan air bagi kami sudah lebih dari cukup, dan mudah-mudahan ke depannya terus bisa dipertahankan,” ungkap Sahrial, selaku warga ketika ditemui, kemarin.

Tidak dipungkiri, air yang digunakan masih belum dipungut biaya apapun dari pemda dan cukup sangat membantu dalam kondisi ekonomi yang masih sulit. Menurutnya, jika pemda bisa mempertahankan untuk memberi jaminan tentang kebutuhan air maka bisa memastikan dirinya dan warga lain tidak akan enggan untuk membayar iuran air setiap bulannya. ”Jujur saja kami belum dipungut biaya atau iuran air sejauh ini, tapi tidak tahu dengan warga lain. Jika ada pembayaran kita tidak keberatan asal air mengalir seperti saat inj,” ucap Sahrial.

Mengenai ekonomi keluarga, ia hanya bisa mengandalkan profesinya yang sebagai nelayan. Ia juga menjelaskan, bahwa pendapatan untuk memenuhi kebutuhan keluarga bisa dibilang pas-pasan dan tidak bisa lebih. Hal itu dikarenakan, untuk memperoleh ikan tidak semudah zaman dulu dan harus menempuh jarak cukup jauh kelaut untuk peroleh hot spot ikan.

Diakuinya, mayoritas nelayan Anambas mencari ikan harus menempuh jarak jauh sekitar belasan mil dari pantai dan akan menghabiskan waktu sekitar 3 jam dalam perjalanan dengan menggunakan Kapal Motor (KM) dengan ukuran 5 Gross Tonnage (GT) yang menggunakan mesin kecil. (cr29)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here