Air Mengering, Pasokan Air Terganggu

0
147
WADUK Sidodadi Moro terlihat kering sejak pekan lalu membuat suplai air ke pelanggan terhenti untuk sementara. F-ISTIMEWA
Sudah satu minggu pelanggan PT Tirta Karimun di Kecamatan Moro, Karimun mengeluhkan pasokan air tidak mengalir kerumahnya lantaran tidak ada air di waduk itu.

KARIMUN – Karena saat ini, kondisi waduk Sidodadi mengalami kekeringan akibat kemarau.

”Pelanggan sudah kami surati, dan beritahukan kondisi waduk yang sudah mengering seminggu ini. Mengakibatkan pasokan air kerumah pelanggan menjadi tersendat, ini faktor alam atau musim kemarau,” kata Direktur PT Tirta Karimun, Indra Santo.

Untuk wilayah di Kecamatan Moro, sudah lama dilanda musim kemarau. Sehingga debet air, di waduk terus menurun selain karena tersedot air ke pelanggan sumber mata air tidak dapat maksimal memasok ke pelanggan.

Usaha mencari sumber mata air terus dilaksanakan, hanya sampai hari ini masih kesulitan mencari sumber mata air dan membangun sarana prasarananya adalah salah satu hal yang sulit dilakukan tahun ini.

Kemudian, waduk di Pulau Karimun dan Kundur pun mengalami hal sama. Tetapi belum kering, seperti di waduk Kecamatan Moro, masih mampu memasok air ke pelanggan dan gangguan karena pipa mengalami kerusakan.

Untuk meningkatkan pelayanan ke pelanggan, dilakukan perawatan dan pemantauan saluran air dari waduk ke pelanggan disemua titik. PT Tirta Karimun masih menunggu proses serah terima pengoperasian waduk Sentani, di Jalan Poros, Karimun untuk mendukung pasokan air bersih ke waduk utama di Sei Bati.

”Kondisi air sampai saat ini masih aman waduk sentani, tinggal tunggu proses serah terima dari pusat lewat Satuan Kerja Provinsi Kepri yang berada dibawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan. Jika sudah diserah terimakan, baru dapat dioperasikan,” kata Direktur PT Tirta Karimun, Indra Santo belum lama ini.

Waduk tersebut tinggal diserah terimakan, sehingga bisa digunakan untuk mendukung pasokan air bersih ke pelanggan. Untuk itu, segala pendukung waduk telah siap sedia termasuk listrik dan lainnya.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here