Air PDAM Makin Keruh

0
869
Bendungan: Wakil Bupati Lingga saat meninjau Bendungan Gemuruh sebagai sumber air PDAM, Senin (13/3) F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

Proyek Satker PU Rp10 Miliar Tak Bermanfaat

Lingga – Wakil Bupati Lingga, M Nizar melakukan tinjauan bendungan air bersih di sumber air PDAM Air Gemuruh Gunung Muncung Dabo Singkep, Senin (13/3). Tinjauan ini dilakukan atas keluhan masyarakat yang selalu mendapatkan air yang keruh dari PDAM Kabupaten Lingga.

Dalam tinjauan tersebut Nizar yang didampingi Direktur PDAM Lingga Sazali, anggota DPRD Lingga, Abdul Gani Atan Leman dan staf Dinas Pekerjaan Umum mendapatkan fakta bahwa bendungan air yang dibangun pemerintah pusat melalui SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air Sumatera IV Provinsi Kepulauan Riau, ternyata tidak ada manfaatnya dalam meningkatkan kualitas air.

Padahal, itu sumber air bersih untuk keutuhan masyarakat, dan proyeknya mencapai Rp 10 miliar.

”Saya lihat bendungan ini tidak bermanfaat untuk meningkatkan kualitas air bersih untuk masyarakat. Untuk itu saya akan meminta Dinas PU membuat surat ke instansi terkait untuk mempertanyakan proyek pembangunan bendungan ini,” kata Nizar di sela-sela siak meninjau bendungan, kemarin.

Pada proyek bendungan terlihat pipa induk bendungan tidak langsung tersambung dengan pipa PDAM Lingga. Hal ini menyebabkan air dari pipa tersebut mengalir ke bak penampungan lama tanpa ada proses penyaringan terlebih dahulu.

Ironisnya, tanah liat di sekitar bak penampungan terlihat gundul hingga saat hujan, tanah akan langsung masuk ke dalam bak penampungan air yang akan disalurkan PDAM ke masyarakat.

”Proyek ini belum serah terima. Kami akan pelajari terlebih dahulu sebelum menerima proyek pekekejaan yang dilakukan ini,” kata Nizar.

Sementara itu, Direktur PDAM Lingga, Sazali, mengaku tidak dapat berbuat banyak untuk mengolah air bersih dari sumber mata air ini. Keterbatasan fasilitas yang dimiliki membuat pihaknya hanya bisa pasrah dengan kondisi yang terjadi.

”Berbagai keterbatasan membuat kami tidak dapat berbuat banyak untuk meningkatkan kualitas air untuk masyarakat,” imbuhnya.(TENGKU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here