Air PDAM Tak Ngalir

0
963
KERING: Inilah kondisi air di Sungai Pulai, sumber air bersih untuk masyarakat Kota Tanjungpinang saat musi kemarau.f-adly/tanjungpinang pos

MBS KPD DIR PDAM TPI ,Sy adalah pelanggan lama PDAM Tpi ( NO 09330) , tapi 5 tahunan terakhir ini air tak pernah mengalir tp biaya beban tetap sy byr dan sy disuruh mengajukan permohonan rehab pipa ternyata sy dibebani biaya padahal pipa itu instalasi yg berada diluar rmh sy merupakan jaringan pipa PDAM tentunya bukan dibebani kpd sy tentu menjadi beban PDAM , kalau begini caranya sy seperti menyambung baru aja.jadi dimana tanggung jawab PDAM kpd pelanggannya? MOHON PENJELASANNYA PAK
+6282171327202

Belum Juga Tersambung Air Bersih
Kami
belum mendapatkan sambungan baru dg alasan yg bermacam macam padahal udah hampir 3 tahun terdaftar di pdam mohon di bantu
+6285668230693

TANGGAPAN:
Untuk mempercepat layanan data antre, kita perlu memasangan pipa induk baru. Supaya pipa induk yang ada sekarang tidak terlalu jauh dari rumah warga. Meskipun data antre panjang, Setiap hari tetap ada pemasangan baru. Jumlahnya satu atau dua pelanggan saja per harinya. Prioritas pasang baru adalah pelanggan yang sudah masuk nomor antrean.

Baca Juga :  Rincikan Tahapan Lowongan CPNS

Tidak ada calon pelangan yang diistimewakan, kita lebih mengutamakan yang lebih dulu masuk daftar tunggu. Bisa saja, ada ruko yang disambung karena sudah lama melakukan pengajuan.

Kalau pipa induk dekat dengan pemohon, memang kita pasang sesuai antrean yang sudah masuk ke kantor kami.

Untuk instalasi pengeloaan air (IPA) di Waduk Sungai Pulai saat ini mampu memproduksi 180 liter per detik. Sedangkan Waduk Gesek mampu memproduksi 100 liter per detik. Setiap hari air baku mengalir ke rumah warga Tanjungpinang ada sebanyak 403,2 meter kubik. Air baku ini bersumber dari dua waduk. Waduk Sungai Pulai mengalirkan air baku sebanyak 259,2 meter kubik per hari. Sedangkan air baku bersumber dari Gesek hanya 144 meter kubik.

Baca Juga :  Kenapa KTP-el Lama Selesainya?

Alhamdulillah, sekarang air baku kita melimpah. Karena terbantu dengan seringnya terjadi hujan. Untuk waduk Sungai Pulai kedalamannya mencapai 2,73 meter dan luas waduknya 60 hektare. Sedangkan kedalaman air bersih di waduk Gesek sekitar 4 meter. Dua waduk ini, telah melayani 18.000 pelanggan.

Air baku dari dua waduk ini selalu mengalir setiap hari. Apabila tidak mengalir, itu karena ada kendala terjadi di lapangan. Seperti adanya kebocoran pipa air bersih, atau terjadi pemdaman listrik.

Dua itu lah kendala penyebabnya, kalau air bersih tak mengalir. Karena air prosuksi di dua waduk kita terus berlangsung. Untuk penyambungan baru itu kita terus lakukan ke rumah pelanggan. (dri)

Baca Juga :  Tahun Baru, UMK juga Baru

Wahyu
Kabag Teknis PDAM Tirta Kepri

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here