Air Terjun Batu Ampar Dipadati Pengunjung

0
838
AIR TERJUN: Masyarakat terlihat memadati menghabiskan waktu libur lebaran ke kolam pemandian air terjun Batu Ampar. f-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – Air Terjun Batu Ampar di Kecamatan Singkep merupakan salah satu objek wisata alam andalan yang ada di Kabupaten Lingga. Objek wisata tersebut, terletak di jalan poros Dabo Singkep-Singkep Barat tepatnya di Desa Batu Kacang sekitar 12 km dari pusat Kota Dabo Singkep.

Objek wisata air terjun Batu Ampar selalu ramai dikunjungi warga setempat, saat akhir pekan sebagai tempat melepas lelah dari rutinitas pekerjaan. Puluhan orang sedang menikmati kesegaran air terjun, dan duduk bersantai digazebo-gazebo yang dibangun pemerintah.

”Setiap tahun bila pulang ke Dabo Singkep, kami selaku berkunjung ke sini. Menikmati dinginya air terjun dan kesegaran udara disini,” kata Meli, pengunjung asal Batam, Jumat (30/6). Meli menambahkan, air terjun Batu Ampar merupakan potensi wisata yang jarang dimiliki daerah lain di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Menurutnya, Pemkab Lingga seharusnya memfasilitasi warga untuk memanfaatkan potensi alam ini sebagai tempat kegiatan usaha kecil.

”Sayang ditempat ini, tidak ada warung untuk memenuhi kebutuhan pengunjung,” sebutnya. Air Terjun Batu Ampar memiliki air yang jernih dan dingin, serta memiliki pemandangan alam yang masih alami. Sehingga, menjadikan dapat menyegarkan badan setelah mandi. Selain itu, para pengunjung yang menyukai tracking juga dapat melakukan petualangan menyusuri anak sungai yang menjadi sumber air terjun Batu Ampar dan akan berakhir di Puncak Gunung Muncung.

”Saya sudah pernah mencoba menelusuri sungainya, dan sungai itu menjadi sumber air terjun hingga ke puncak Gunung Muncung,” kata Dedi salah seorang pengunjung. Dalam perjalan tracking para petualang akan disuguhi pemandangan alam asli hutan Lindung Gunung Muncung. Jalanan terjal dan licim menjadi tantangan bagi petualang, yang ingin mencoba perjalanan pendakian.

”Di hutan ini tidak ada hewan buas yang memangsa. Hewan yang ditemui paling ular, biawak dan bila beruntung akan bertemu pelanduk,” sebutnya. Ia berharap Pemkab Lingga dapat memfasilitasi para pecinta alam dengan membuat program pariwisata tracking Hutan Gunung Muncung. Selama ini wisatawan hanya mengetahui Air Terjun Batu Ampar hanya sebagai temoat wisata pemandian. ”Kalau dikelola lebih baik banyak potensi lain ya g bisa dikemas dalam rangka promosi wisata ke depannya,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here