Air Terjun Sarana Penelitian Bagi Mahasiswa

0
690
BERMAIN: Sejumlah anak-anak tampak tengah bermain di Air Terjun Resun, Kabupaten Lingga yang menjadi salah satu objek wisata andalan kabupaten Lingga. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga mensuplai air ke Batam dinilai terlalu cepat.

Hal itu mendapat tanggapan beragam dari sejumlah mahasiswa dari beberapa universitas serta masyarakat. Pasalnya, Lingga yang memiliki potensi air berlimpah belum dimanfaatkan untuk daerahnya sendiri.

”Daerah sendiri aja belum menikmati pemanfaatan air tersebut. Informasinya untuk memenuhi kebutuhan listrik, Pemkab Lingga harus membuktikannya,” ujar Saidi, Mahasiswa Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam, Minggu (21/5).

Ia berharap, Pemkab Lingga tidak terlalu cepat untuk mensuplai air ke Batam melalui pipa di bawah laut. Maka, sebelum perencanaan itu terealisasi Pemkab Lingga setidaknya memanfaatkan potensi tersebut untuk masyarakat lingga terlebih dahulu.

Tidak hanya Saidi, mahasiswa Fakultas Teknik Universita Maritim Raja Ali Haji (FT-UMRAH) Joni menganggap potensi air di Lingga dapat dikembangkan energi terbarukan bari masyarakat Lingga.
Dengan memiliki air terjun yang deras, dapat dimanfaatkan mahasiswa FT untuk melakukan penelitian dan pengembangan energi terbarukan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Menurutnya, sebagai kawasan maritim terbesar sudah saatnya Provinsi Kepri tidak bergantung pada energi konvensional menggunakan bahan bakar minyak untuk mesin listrik.

”Ini jelas bisa dimanfaatkan ke depannya, dan masyarakat harus lebih berpikir praktis untuk menerapkan energi terbarukan dengan cara melibatkan mahasiswa untuk melakukan penelitian di tengah masyarakat,” terang Joni, Senin (22/5).

Ia menjelaskan, tidak hanya cahaya yang dapat menjadi sumber energi listrik. Tetapi, air terjun sangat besar potensinya untuk dikembangkan menjadi energi listrik.

”Mudah-mudahan ada perencanaan ke depan, FT UMRAH dapat meneliti potensi air terjun untuk menjadi energi listrik,” jelasnya. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here