Ajak Warga Bercocok Tanam

0
1614
DANLANAL Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Mandri Kartono saat menunjukkan jagung yang dipanen. F-ISTIMEWA/Lanal TBK

Lanal TBK Terus Terus Jalankan Program Ketahanan Pangan

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Mandri Kartono mengajak warga Karimun, menggiatkan bercocok tanam sebagai bentuk penguatan ketahanan pangan.

KARIMUN – Ia menyarankan, bercocok tanam dengan memanfaatkan area pekarangan rumah dan lahan kosong.

”Dimasa saat ini, kita harus memikirkan segala kemungkinan dimasa akan datang. Artinya harus mempersiapkan kebutuhan untuk beberapa bulan kedepan,” kata Mandri Kartono. Hal itu ia ungkapkan, saat panen jagung bersama.

Kegiatan itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan, untuk program ketahanan pangan pada masa new normal pandemi Covid-19.

Pemanfaatan aset lahan kosong milik Lanal, untuk penanaman sayur dan kolam ikan lele.

Baca Juga :  Dipindahkan, Penjualan Semakin Meningkat

Lanal TBK juga membuka lahan pertanian baru, dengan pemanfaatan lahan tidur milik prajurit yang telah dibuka sejak beberapa bulan lalu.

Lahan yang kami tanami jagung ini adalah, lahan tidur milik anggota seluas kurang lebih 2 hektare dengan sistem tanam bergantian dengan jarak waktu 2 minggu. Sehingga, waktu panen dapat dilaksanakan berkelanjutan.

Selain itu, sistem tanam tersebut untuk menghindari hasil panen yang terlalu banyak dikarenakan penyerapan kebutuhan jagung di Karimun tidak terlalu banyak.

”Periode tanaman jagung ini dari mulai menanam, hingga panen mencapai tiga bulan dengan total keseluruhan 11 ribu batang pohon jagung. Untuk perawatannya sendiri sangat mudah, dimana hanya dengan dibersihkan sesering mungkin. Untuk menghilangkan hama-hama dan gulma yang dapat menggangu tanaman jagung tersebut,” sebut Letkol Laut (P) Mandri Kartono.

Baca Juga :  Triac Eksplorasi Alam Karimun
DANLANAL Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Mandri Kartono bersama anggota dan ibu-ibu Jalasenastri Lanal TBK saat panen jagung di lahan milik prajurit Lanal, Kemarin.

Pada kesempatan ini, mengajak seluruh masyarakat Karimun agar sekiranya dapat memanfaatkan lahan tidur yang ada.

Karena potensi yang ada di wilayah Kabupaten Karimun ini sangat luar biasa, bersyukur diberikan tanah yang subur. Sehingga jagung yang ditanampun hasilnya sangat baik.

Belum lama ini, Lanal Karimun melaksanakan penebaran ribuan ekor bibit lele. Ada sekitar bibit ikan Lele, yakni sebanyak 3.000 ekor yang ditebar.

Kegiatan menebar bibit lele tersebut, sebagai bentuk dukungan untuk ketahanan pangan.
Untuk itu, Lanal TBK dengan Dinas Perikanan Karimun bekerjasama untuk mengadakan bibit lele.

Baca Juga :  Gubernur Ajak Kades Tangkal Radikalisme

Kegiatan itu dilaksanakan menindaklanjuti instruksi pimpinan TNI AL, kepada jajaran dibawahnya untuk turut serta dalam peningkatan ketahanan pangan dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 dimasa New Normal.

Lanal Tanjungbalai Karimun, adalah salah satu Pangkalan TNI AL yang melaksanakan kegiatan Pertahanan Laut dan Keamanan Laut serta melaksanakan Binpotnaskuatmar di Wilayah Kabupaten Karimun.

Selama masa Pandemi Covid-19 hingga New Normal sekarang ini, selain melaksanakan budidaya ikan lele juga telah menciptakan lahan pertanian baru dengan mengfungsikan lahan-lahan kosong milik Lanal Tanjungbalai Karimun. (ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here