Ajak Warga Membuat Apotek Hidup

0
291
MAHASISWA UMRAH foto bersama dengan staf lurah Sei Lekop Bintan usai mendirikan Apotek Hidup yang mereka buat di desa itu. F-istimewa

Mahasiswa UMRAH KKN-RM di Sei Lekop Bintan

Kelompok Kuliah Kerja Nyata Revolusi Mental (KKN-RM) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinangmengajak masyarakat melalui tim Penggerak PKK Kelurahan Sei Lekop memanfaatkan sebagian tanah untuk ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari.

BINTAN – Program kegiatan itu yakni Apotek Hidup, dan pembuatan Apotek Hidup tentunya banyak manfaat yang didapat oleh masyarakat seperti obat-obatan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Ketua Kelompok KKN-RM Sei Lekop, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan Ratih Tresnasih mengatakan, kegiatan Apotek Hidup dengan menanam tumbuhan obat-obatan juga bertujuan memotivasi masyarakat agar sadar dengan kesehatan lingkungannya.

”Seperti kita ketahui, lingkungan yang sehat tentunya akan berdampak pula dengan kesehatan raga dan jasmani kita. Dengan adanya Apotek Hidup, kita bisa memanfaatkan tumbuhan obat tersebut untuk mengobati penyakit dengan cara tradisional,” terang Ratif, mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Prodi Akuntansi UMRAH, Jumat (24/8).

Menurutnya, makanan yang dikonsumsikan saat ini banyak mengandung zat-zat kimia yang tentunya memiliki kandungan zat berbahaya untuk tubuh. Sehingga, dengan adanya Apotik Hidup salah satu upaya untuk mengurangi kandungan detoxs untuk tubuh sehingga bermanfaat menjaga kesehatan dengan baik.

Berdasarkan kondisi itu, maka ia bersama 8 orang mahasiswa-mahasiswi yang tergambung dalam satu kelompok berinisiatif membuat Program Apotek Hidup tersebut. ”Setelah kami berdiskusi dengan Pak Lurah Sei Lekop, kegiatan Apotek Hidup ini akan menggerakkan anggota tim PKK sehingga ke depannya Apotek Hidup ini bisa dilanjutkan kegiatannya,” jelas Ratih.

Ia menambahkan, secara umum diketahui banyak obat-obatan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Obat tradisional umumnya lebih aman, karena bersifat alami dan memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat-obat buatan pabrik.

Ratif dan kelompoknya berharap, setelah selesai dengan seluruh kegiatan KKN termasuk kegiatan Apotek Hidup masyarakat tetap melanjutkan bagaimana cara menjaga tanaman obat-obatan yang telah ditanam agar mereka tidak lupa dengan ilmu yang sudah didapat dari mahasiswa KKN.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here