Akhir Juli, Pemkab Bahas APBD Murni 2018

0
555
BERBINCANG: Bupati Karimun Aunur Rafiq saat berbincang dengan anggota DPRD Karimun Ady Hermawan usai paripurna beberapa waktu lalu. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – BUPATI Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pada akhir Juli Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun akan menyampaikan pembahasan rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang APBD tahun 2018. Pembahasan Ranperda itu untuk mempercepat penggunaan anggaran 2018 pada awal tahun.

”Pembahasan APBD murni tahun 2018, akan dilaksanakan pada akhir Juli. Sehingga, nantinya bisa disahkan sekitar bulan September,” ujar Aunur Rafiq, Senin (10/7).

Menurutnya, selama ini pembahasan APBD murni selalu dilaksanakan antara November dan Desember sehingga disahkan akhir tahun. Dengan percepatan pembahasan anggaran, sehingga awal tahun kegiatan sudah dapat dilaksanakan. Termasuk pelelangan seluruh kegiatan, dapat dilaksanakan pada awal tahun tepatnya pada bulan Februari. Sehingga, pekerjaan proyek insfraktur dapat selesai pada tahun 2018.

”Selain itu, menghindari pemotongan dana transfer dari pusat. Ada sanksi dari pemerintah pusat jika terlambat membahas APBD murni, dan memudahkan perbaikan jika masih ada yang harus diperbaiki berdasarkan koreksi Gubernur,” jelasnya. Salah satu fokus pemerintah pada 2018, penyelesaian persoalan banjir di pemukiman seperti di Kecamatan Meral, Meral Barat, Karimun, Tebing, dan Pulau Kundur.

Dengan melakukan pendalaman alur sungai, dan pelebaran drainase serta pembuatan saluran air baru. Usulan, Musawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) akan disesuaikan dengan rencana kerja Pemerintah. Terutama pelaksanaan kegiatan yang belum terakomodir pada tahun 2017, yang diantaranya ada beberapa usulan dari masyarakat yang termasuk skala prioritas pembangunan pemerintah.

Ia sangat berharap, tidak ada defisit angggaran pada tahun 2018 mendatang. ”Untuk tahun ini belum diketahui berapa defisit APBD,” ungkapnya.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here