Akhir Tahun, Kantor Pos Panen Kiriman Paket

0
165
Pegawai Pos Indonesia melayanai pengiriman paket warga. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Jelang Natal dan Tahun Baru 2019, pengiriman paket dan uang melalui Kantor Pos Cabang Tanjungpinang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan kiriman paket sudah terjadi sejak sepekan, lalu.

Kirim paket dari Tanjungpinang keluar daerah mengalami peningkatan 15 persen sampai 20 persen. Kiriman yang diterima oleh Kantor Pos dari luar daerah mencapai kisaran 30 persen sampai 50 persen.

Warga memanfaatkan kantor pos sebagai tempat pengiriman paket termasuk mengirim uang ke kampung halaman, karena cepat. Warga bisa memilih pengiriman paket pos kilat khusus dan pos express tidak memakan waktu lama.

Kalau pos kilat khusus akan memakan waktu pengiriman 2 hari sampai 4 hari. Sedangkan pengiriman paket melalui pos express hanya memakan waktu 1 hari sampai 2 hari.

Wesel pos juga dimanfaatkan masyarakat untuk mengirim uang. Sistem pengiriman wesel pos hanya hitungan detik saja.

”Tanggal 12 Desember sudah terlihat betul, banyak kiriman paket. Baik itu kita terima maupun yang mengirim paket ke luar daerah,” kata Manager Pemasaran PT Pos Cabang Tanjungpinang, Supriyanto kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (23/12).

Supriyanto mengatakan, kebanyakan masyarakat mengirim paket melalui pos kilat khusus, pos express dan wesel pos. Pos kilat khusus dan pos express sering digunakan masyarakat untuk mengirim makanan, barang belanja online dan sebagainya.

”Kalau kirim uang, kirim sekarang, satu detik sudah bisa diambil uangnya ke Kantor Pos tujuan,” terang dia.

Saat ingin mengambil kiriman uang tersebut, masyarakat perlu membawa KTP miliknya ke Kantor Pos. Karena petugas Kantor Pos akan meminta KTP yang terima kiriman uang tersebut.

Tujuannya, petugas kantor Pos hanya memastikan benar bahwa orang tersebut yang menerima kiriman uang.

Dan, nanti kata dia, penerima uang juga diminta untuk menunjukkan nomor Money Transfer Control Number (MTCN) atau Nomor Kontrol Pengiriman Uang. Nomor tersebut hanya dimiliki oleh pengirim uang. Lalu, nomor tersebut dikirim ke keluarganya yang menerima uang.

”Sistem kiriman uang ini meningkat 5 persen saja,” ucap dia.

Berbeda dengan sistem pengiriman dan penerima paket, baik dari Tanjungpinang keluar daerah atau sebagaliknya, dari luar daerah ke Tanjungpinang melalui Kantor Pos Cabang Tanjungpinang.

”Hari Senin ini, kita masih buka. Karena kita akan mengirim paket milik masyarakat ke alamat yang dituju. Besoknya (Selasa, red) kita libur bersama,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here