Akhir Tahun, RSUD Tarempa Beroperasi

0
178
PIHAK Kontraktor sedang melaksanakan pekerjaan RSUD Tarempa agar segera beroperasi. f-indra gunawan/tanjungpinang pos

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), diperkirakan akan beroperasi pada akhir tahun 2018. Pasalnya, saat ini sarana penunjang operasional rumah sakit serta sejumlah penambahan ruangan sedang dalam pelaksanaan pembangunan.

ANAMBAS – ”Kita menunggu penyelesaian pengerjaan yang dilaksanakan oleh Dinas Pengerjaan Umum (DPU) yang membangun infrastrukturnya,” ungkap Herianto, Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk KKA, kemarin.

Saat ini, sebut dia, terdapat beberapa ruang yang sedang diperbaiki serta penambahan ruangannya. Menurut Heri, ruangan yang mengalami perbaikan seperti instalasi listrik dan air.

”Sedangkan ruangan yang ditambah adalah ruang Radiologi, pemulasaran jenazah, instalasi gizi dan ruangan central oksigen,” terangnya.

Sejatinya, lanjut Herianto, pihaknya merencanakan pada tanggal 12 November 2018 telah telah dilakukan soft opening pembukaan rumah sakit.

”Kita memang telah menjadwalkan akan melaksanakan pelayanan, namun itu dari sisi kami, karena kita juga menunggu selesainya sejumlah pembangunan yang dilaksanakan oleh DPU,” ujarnya.

Untuk Sumber Daya Manusia (SDM), tambah Herianto, pihaknya telah menyiapkan yang terdiri dari 4 dokter umum dengan total tenaga bidan dan perawat sebanyak 45 orang. Sedangkan, untuk dokter spesialis ada tiga yakni dokter spesialis bedah, penyakit dalam dan kandungan yang mobile dari Rumah Sakit Lapangan Palmatak.

Sedangkan untuk jabatan Plt Direktur Rumah Sakit adalah Dr Alce. ”Untuk Alat Kesehatannya (Alkes) telah ada dan berada di Tarempa, begitu pula dengan obat. Bahkan, oksigen sentral alatnya sudah ada hanya tinggal ruangannya siap kita masukan,” jelasnya.

Untuk Puskesmas Tarempa, kata Herianto, rencananya akan dijadikan ruangan kebidanan. Sedangkan Puskesmas Tarempa, nantinya akan dipindahkan ke Batu Tambun. Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) yakni Khairul Anwar memperkirakan, penyelesaian pembangunan bagian belakang akan selesai pada tanggal 20 Desember mendatang.

Meski demikian, pembangunan ruangan oksigen dan beberapa ruangan lainnya akan selesai pada pertengahan oktober 2018. ”Insya Allah sebelum berakhir tahun 2018 seluruh ruangan yang kita bangun akan selesai sesuai dengan target,” ujarnya.

Pengoperasian RSUD Tarempa, tentunya sangat ditunggu oleh masyarakat. Sebab, masyarakat ingin memiliki rumah sakit yang memiliki standar yang baik tanpa perlu rujuk ke luar daerah.

”Walau pun bertahap, namun dengan adanya RSUD Tarempa tentunya membantu masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan. Apalagi, nantinya RSUD akan bertahap dilengkapi berbagai fasilitas pelayanan yang cukup,” terang Feri, warga setempat. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here