Akhir Tahun, Warga Bungteng Nikmati Air Bersih

0
289
Agus SupardI

NATUNA – KEPALA Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Perkim) Pemkab Natuna Agus Supardi menegaskan, bahwa akhir tahun ini pekerjaan pipanisasi di Kecamatan Bunguran Tengah harus sudah selesai. Sehingga, warga Kecamatan Bunguran Tengah bisa menikmati air bersih.

Agus menyebutkan, kegiatan ini sebagai tindaklanjut pemanfaatan SPAM yang sudah dibangun beberapa tahun lalu di Bendungan Tapau. ”Kita ingin sebelum akhir tahun 2017 ini, pipanisasi yang melalui SPAM di daerah Bendungan Tapau sudah bisa dimanfaatkan untuk warga sekitar,” kata Agus Supardi, dikantornya, Kamis (2/11).

Ia menjelaskan, saat ini progres pekerjaan pipanisasi untuk Desa Mahligai, Desa Air Kijang, Desa Air Lengit, Desa Tapau, sudah hampir selesai. Hanya saja, masih ada beberapa yang hanya menunggu pemasangan listrik dari PLN.

”Sekarang ini hanya tinggal pemasangan travo listrik PLN. Sebelumnya, sesuai Rancangan Anggaran Biaya (RAB) pembelian travo dan lain sebagainya sudah siap semua. Kita telah menyurati pihak PLN, dan ternyata PLN tidak boleh lagi menerima hibah travo untuk pemasangan di SPAM,” jelasnya.

Lanjut Agus, setelah ada balasan surat dari PLN akhirnya mereka yang akan menyediakan travonya langsung dan pihak ketiga hanya dikenakan biaya pemasangannya saja. ”Jadi dengan kesanggupannya PLN itu, anggaran yang sudah masuk dalam RAB itu kita CCO (Contract Change Order) hanya untuk pembayaran biaya pemasangan dan anggaran. Sisanya digunakan untuk membeli alat yang lainnya,” paparnya.

Agus berharap, segala pekerjaan tersebut bisa selesai pada akhir bulan November ini. Sebab, SPAM yang ada di daerah Kecamatan Bunguran Tengah itu bisa berfungsi dengan baik. ”Setelah semuanya selesai, kita akan uji coba dulu di salah satu rumah warga yang tempatnya tinggi. Apabila tidak mengalami masalah, maka selanjutnya pihak PDAM akan salurkan ke tiap warga desa untuk kebutuhan sehari-hari,” tandasnya.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here