Akhiri Dualisme BP Batam-Pemko

0
98
Gerbang utama salah satu kawasan industri di wilayah Batamcenter. f-istimewa

UWTO hancurkan Batam dan Kepri. MBS Lebih baik BP Batam dibubarkn scepat nya sbelum Batam/Kepri jdi hancur. Kok ada dualisme pemerintahan. Wapres JK cepat atasi dong sbelum investor pd hengkang smua.
+6285264940304

TANGGAPAN:
Kita sudah sampaikan ke calon investor bahkan beebrapa waktu lalu sudah dijelaskan di SIngapura dengan difasilitasi Duta Besar RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya. Tidak ada dualisme kepemimpinan di Batam. Di pertemuan pengusaha negara itu ada juga Wali Kota Batam, HM Rudi. Saat pertemuan itu, kami sebutkan tidak ada permasalahan antara Pemko dan BP. Kehadiran kami di Singapura itu untuk menunjukan transisi roadmap

Pada dialog bisnis bertajuk Roundtable Dialogue Session with Batam Authorities, dihadiri pengusaha Singapura yang tergabung dalam Singapore Business Federation (SBF) dan KADIN Singapore Commite di SBF Center, Robinson Road, Singapura. Pertemuan ini juga menjawab isu-isu yang berdar di media massa tentang dualisme.

Kami hadir diacara itu tidak lepas dari kebijakan pemerintah pusat, untuk perbaikan iklim usaha agar ditingkatkan. Ini untuk memberikan sinyal positif bagi dunia usaha bahwa Batam masih sangat bagus sebagai tempat berinvestasi.

BP Batam harus berperan aktif melayani kepentingan investasi sebagai upaya dalam menjaga Batam tetap berdaya saing. Kami diundang oleh pengusaha Singapura untuk menjadi narasumber, mereka ingin mendengar bagaimana arah kebijakan dan pengembangan Batam kedepan terhadap dunia usaha dan peluang investasi, ini langkah bagus.

Pergantian pimpinan BP Batam yang baru dilakukan oleh pemerintah tidak akan menghambat kegiatan dunia usaha di Batam. Pemerintah tetap memastikan pembangunan dan investasi infrastrutktur tetap berjalan. Hal ini juga menjadi salah satu yang ditugaskan saya sebagai pimpinan baru BP Batam. Kami sudah membangun harmonisasi PTSP.

Tugas saya mengawal, memberikan kenyamanan dan kepastian usaha bagi investor maka saya melakukan penyederhanaan prosedur dan proses.

Ini juga untuk menepis langsung, yang selama ini kalau BP Batamd an pemko Batam yang disebut ada friksi. Kita yakinkan tidak ada perubahan karena kita sudah buat sistem pelayananan jaminan usaha dan pengawasan, pengawalan investasi, mudah mudahan investor terus bertambah.

Saat ini BP Batam telah melakukan beberapa terobosan untuk menjaga iklim investasi melalui Klinik Berusaha di MPP Batam. Kita bangun klinik berusaha dimana orang bisa menjadi tempat mengeluh.

Sejumlah rencana pengembangan proyek seperti Bandara Internasional Hang Nadim Batam dan Pelabuhan Batuampar, dipastikan tetap berjalan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Kita juga menyampaikan rencana pengembangan kawasan Batam sebagai Bandar Niaga Nusantara atau Global Commercial Zone.

Tujuannya, tentu supaya Batam ke depan bisa terus tumbuh dengan baik dan sejahtera. Karena itu BP Batam akan terus komitmen meningkatkan pelayanan dan pengembangan investasi di Batam.

Sejumlah rencana dan strategi pemerintah dalam pengembangan Batam sebagai tujuan investasi. Yakni, rencana penerapan KEK di Batam. Pemerintah akan terus memberikan insentif kepada para pelaku usaha.

Kami sudah memetakan beberapa wilayah untuk dijadikan KEK secara enclave, ini menjadi pilihan bagi pengusaha tentu akan banyak insentif di KEK seperti tax holiday, mini tax holiday, tax allowance, dan sebagainya.

Kemudian pelayanan kesehatan bertaraf internasional. Kampus bertaraf Internasional dan Balai Pelatihan. Ligistic Hub & e-commerce, import Subsitution industry (pharmacy, medical device, raw sugar, dairy product). Keenam, Financial district. Ketujuh, Export oriented global value chains indusry. (mbb)

Edy Putra Irawadi
Kepala Badan Pengusahaan (BP-Batam)

TANGGAPAN:
Kita optimis investasi di Batam akan meningkat sejalan dengan sinergitas yang dibangun. Saya kira ada persepsi yang keliru, bahwa seolah olah antara Pemko dan BP ada masalah.

Tidak ada masalah antara BP dan Pemko. Kesan masalah antara BP-Pemko dinilainya, karena dikembangkan. Sehingga pengusaha ada keraguan. Maka dengan adanya kami berdua hari ini saya kira menutup semua keraguan itu. Artinya maka investasi kita berharap semua percaya diri akan bangkit dan tumbuh kembali.

Sebagai pemerintah akan menjamin dan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha yang mau menanamkan modalnya di Batam. Pemerintah akan mengeluarkan kebijakan yang berpihak kepada pengusaha.(mbb)

HM Rudi
Wali Kota Batam,


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here