Akhirnya, 425 CPNS K2 Jadi ASN

0
973
Penandatanganan: Wali Kota Menandatangani berita acara Pengambilan Sumpah ASN Batam, Senin (3/0) di kantor Wali Kota Batam.F-humas/pemko batam

Batam – Wali Kota Batam, HM Rudi menegaskan, agar 425 calon pegawai negeri sipil (CPNS) K2 yang dikukuhkan hari itu menjadi Aparatur Sipil negara (ASN), untuk disiplin.

Disiplin yang dimaksud Rudi, terkait tanggungjawab sebagai PNS dalam menjalankan tugasnya. Para CPNS itu sendiri merupakan pegawai yang diangkat tahun 2016, namun baru dilantik saat ini.

HM Rudi dalam kesempatan pelantikan, Senin (3/4), meminta agar menjalankan tanggungjawab sebaik-baiknya. Rudi pada kesempatan itu, menyerahkan surat keputusan (SK) PNS.

”Saya tak banyak bicara. Yang penting disiplin,” ujar Rudi singkat.

Baca Juga :  Dua Hari Lagi, Gaji ke-13 Dibayarkan

Terkait pengangkatan itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Pegembangan Sumber Daya Manusia Kota Batam, M Sahir mengungkapkan jika yang dilantik merupakan rekruitmen tahun 2013. mengatakan, 425 CPNS K2 yang dilantik menjadi PNS itu, adalah mereka yang lulus rekrutan pada 2013 kemarin.

”Baru dilantik, karena memang proses SK-nya baru terbit 2016,” kata Sahir.

Di antara mereka yang dilantik dan diambil sumpahnya, banyak yang dari kalangan guru. Selain itu, ada kesehatan, tata usaha negara dan lainnya.

”93 orang lainnya belum dilantik karena belum bisa diproses BKN. Itu yag pindahan dari sekolah swasta ke sekolah negeri,” bebernya.

Baca Juga :  STQ Kepri Diawali Pawai Taaruf

Mereka yang belum bisa diproses itu, diakui Sahir, karena BKN membekukan, karena alasan pindahan dari swasta ke sekelah negeri, untuk beberapa tahun.

”Persyaratan K2 itukan, mereka yang mengabdi sepenuhnya di instansi pemerintah dan dibayar oleh instansi pemerintah,” jelasnya.

Sehingga untuk menjadi PNS, mereka yang sebelumnya dari sekolah swasta dan pindah ke sekolah negeri sebelum diajukan jadi CPNS, harus mengikuti pra jabatan maksimal satu tahun. Setelah lulus prajabatan, baru diangkat menjadi PNS.

”Kalau mereka jadi CPNS, dapat haknya 80 persen. Setelah diangkat PNS seperti hari ini, baru mendapat hak 100 persen,” imbuh Sahir. (Martua)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here