Akses Kerja Nelayan Harus Dipermudah

0
503
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun saat berbincang dengan nelayan di Pring Natuna, Sabtu (2/6).f-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengatakan, akses kerja nelayan harus dipermudah. Salah satunya dengan membangun pelabuhan tambat yang layak agar memudahkan nelayan bekerja.

NATUNA – KARENA itu, Nurdin sengaja membawa beberapa kepala OPD Pemprov Kepri ke Natuna agar sejumlah kegiatan semakin cepat terealisasi.

Permintaan-permintaan masyarakat yang menaikkan taraf hidup dan memudahkan mereka beraktivitas harus digesa. ”Kawan-kawan saya yang kerja, makanya saya bawa ke sini. Saya “ngacah” aja supaya jadi dan memberi manfaat besar bagi masyarakat,” kata Nurdin saat berbincang dengan beberapa nelayan di kawasan Pring, Ranai, Natuna, Sabtu (2/6).

Baca Juga :  Natuna Peringkat 5 MTQ Provinsi Kepri

Usai menghadiri peringatan Nuzul Quran tingkat Provinsi Kepri di Masjid Agung Natuna Jumat (1/6) malam, Nurdin dan rombongan memang melakukan peninjauan sejumlah kegiatan.

Nurdin juga menemui sejumlah nelayan di Pring dan berbincang banyak hal untuk memudahkan aktivitas kerja mereka.

Setelah berkeliling hingga ke Teluk Buton, Nurdin dan rombongan meninjau pelabuhan bongkar muat. Di sini Nurdin berbincang dengan pekerja bongkar muat dan pengelola. Dari perbincangan itu diketahui proses bongkar muat kapal sekitar 1.200 ton mencapai waktu hingga dua belas hari.

Baca Juga :  Jaga Kepri Tetap Kondusif

Proses yang melambat itu dikarenakan barang-barang langsung dibawa ke toko. Ini yang menyebabkan proses antrean panjang. Termasuk antrean mobil yang membawa bahan-bahan yang datang.

Nurdin memang memerintahkan untuk mengkaji pembuatan gudang. Kalau gudang sudah ada, diyakini proses bongkar muat akan cepat. Kalau terlalu lama, Nurdin risau beberapa bahan akan rusak.

Demikian juga dengan biaya kapal yang tentu akan membengkak. Nurdin tak ingin semua itu bermuara pada kenaikan harga yang akan memberatkan masyarakat. Saat meninjau pelabuhan itu, ada dua kapal yang harus berdempetan untuk membongkar barang. Karena itu harus ada penambahan pelabuhan.(MARTUNAS – SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here