Akses Telekomunikasi Pekajang Buntu

1
584
H Alias Wello

Bupati Kabupaten Lingga H Alias Wello meminta pengelola jaringan telekomunikasi seperti provider Telkomsel untuk mencari solusi memberikan akses komunikasi daerah yang belum memanfaatkan akses komunikasi seperti Pekajang.

LINGGA – Salah satu daerah yang sangat membutuhkan jaringan telekomunikasi adalah Pulau Pekajang, Kecamayan Lingga. ”Solusi atas permasalahan jaringan telekomunikasi di Desa Pekajang, sampai saat ini masih belum terjawab. Kami akan melakukan kerja sama dengan Telkomsel untuk mengatasi persoalan ini,” kata Alias Wello, Selasa (14/8).

Awe sapaan akrab Alias Wello juga mengatakan, Pemkab Lingga sudah mencari solusi atas persialan telekomunikasi di Pekajang dengan mengunakan telepon satelit. Namun, biaya operasional dengan mengunakan telepon satelit terlaku besar dan tidak terjangkau oleh masyarakat di Pekajang.

”Alternatif lainnya memang ada, itu menggunakan telepon satelit, tapi biayanya terlalu besar, itu yang jadi masalah,” ujarnya.

Saat ini, pihaknya tengah berupaya menjalin kerja sama dengan provider Telkomsel untuk membuka daerah-daerah yang sulit terjangkau akses telekomunikasi di Kabupaten Lingga. Solusi yang akan dicapai, yakni dengan penambahan jaringan atau solusi lainnya dari pihak Telkonsel.

”Pemkab Lingga akan membicarakan kerja sama pihak Telkomsel, agar persoalan komunikasi di Lingga tuntas. Dengan memasang tower di daerah yang belum terjangkau,” imbuhnya.

Sebenarnya, masih banyak daerah di Kepri khususnya di Lingga yang akses komunikasinya sangat terbatas. Pihak provider tidak mau membangun tower BTS karena hitung-hitungan biaya.

Kehadiran proyek Palapa Ring Barat yang melalui Lingga diharapkan jadi solusinya ke depan. Proyek yang didanai pemerintah ini diperkirakan sudah mulai dioperasikan tahun ini. Proyek ini dibangun dengan menanam kabel bawal laut ribuan kilometer dan melintasi wilayah Natuna, Batam serta Lingga. Proyek ini akan menjawab keluhan daerah pesisir ke depan.(TENGKU)

1 KOMENTAR

  1. Udah terlalu lama pak, 2013 hingga sekarang. terus apa kerja bapak selama ini apakah bapak lupa dengan desa pekajang, apakah bapak lupa dengan janji sebelum dilantik untuk desa pekajang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here