Aksi Earth Hour Disukai Wisatawan

0
104
Salah SATU pengelola hotel mematikan listrik dan menyalakan lilin untuk memperingati Earth Hour, Sabtu (30/3). f-istimewa

BINTAN – Aksi Earth Hour atau pemadaman listrik selama 60 menit sejak pukul 20.30 WIB hingga 21.30 WIB, yang dilaksanakan di seluruh dunia, ternyata juga dilaksanakan di Bintan.

Sebagian besar aksi tersebut dilaksanakan di beberapa hotel dan resor di seluruh wilayah Bintan. Aksi tersebut ternyata juga menarik minat wisatawan yang berkunjung ke Bintan. Tidak risih, malah para wisatawan sangat mendukung dan ikut serta dalam bagian tersebut.

Renal Yude, seorang penggagas Suistainable Tourism Destination (STD) Bintan mengatakan, pihaknya sangat antusias dengan aksi Earth Hour 60 menit yang dilaksanakan serentak setiap akhir Bulan Maret setiap tahun.

”Ini juga sebagai momentum kampanye hemat energi. Meski hanya satu jam, namun dampaknya akan membawa kebiasaan sepanjang tahun,” kata Renal, Minggu (31/3)

Ia mengatakan, beberapa wisatawan yang berada di hotel dan resor bahkan senang saat pihak hotel mengatakan akan mematikan lampu. ”Saat kami sampaikan dalam beberapa saat lagi akan mematikan lampu, mereka menjawab yes, i do. Ya sebagian besar mereka senang,” sebutnya.

Ia menambahkan juga, meski kini belum semua resor atau hotel yang melaksanakan Earth Hour, namun semangat momentum ini terus bertambah setiap tahunnya.

”Selama 1 jam saja mematikan lampu pihak hotel sudah menghemat energi dan biaya listrik. Dan, tamu hotel juga sangat bergembira,” tambahnya. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here