Akte Lahir Gratis atau Bayar?

0
541
Pelayanan disdukcapil: Suasana di ruang pelayanan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tanjungpinang. Umumnya, warga datang untuk mengurus administrasi kependudukan. f-andri/tanjungpinang pos

Pak saya mau tanya? kalau bikin akte kelahiran lambat apa benar kena biaya sedangkan anak itu baru 6 bln lahirnya.
+6282385839648

TANGGAPAN:
Sejak Januari hingga Agustus 2017 cukup ramai yang membuat akta kelahiran. Jumlahnya yang membuat akta kelahiran selama delapan bulan itu mencapai 1.276 anak di Tanjungpinang.

Tingginya animo masyarakat membuat akta kelahiran yang mencapai 1.276 selama delapan bulan sudah merupakan angka yang sangat terbaik dari rata-rata target nasional. Untuk pembuatan akta kelahiran tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. pembuatan akta kelahiran itu merupakan tanggungjawab orang tua.

Kita berterima kasih kepada masyarakat Tanjungpinang yang sudah peduli dan mau mengurus akta kelahiran anaknya di Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang. Antusias masyarakat membuat Akta Kelahiran di Disukcapil Kota Tanjungpinang melebihi target nasional akta kelahiran 0-18 tahun, yaitu 84,17 persen. Sedangkan target nasional akta kelahiran 0-18 tahun hanya 80 persen.

Alhamdulillah, pencapaian akta kelahiran kita melebihi angka nasional. Dari data yang dimiliki Disdukcapil Kota Tanjungpinang, masih ada 240 anak yang belum memiliki akta kelahiran. Angka tersebut dikurangi dari jumlah kelahiran anak Tanjungpinang sebanyak 1.516 jiwa.

Alasan Disdukcapil tidak mencetak akta kelahiran untuk 240 anak tersebut, dikarenakan orangtua anak tersebut tidak menyerahkan berkas untuk mengurus akta kelahiran. Seperti surat kebidanan, fotokopi KTP orangtua, dan fotokopi KK. Padahal gratis, buat akta kelahiran di Didisdukcapil. Tapi syarat-syaratnya mesti dipenuhi.

Membuat akta kelahiran itu sebenar saja. Kalau berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP), kepengurusan akta kelahiran membutuhkan waktu selama tujuh hari jam hari kerja.
Tetapi, di Disduk Capil Kota Tanjungpinang waktunya lebih singkat. Hanya hitungan jam saja selesai. Ini karena saja selaku Kepala Disducapil Kota Tanjungpinang mengintruksikan staf saya agar menyelesaikan akta kelahiran antara tiga. Bahkan, kalau saat listrik bagus dan tdiak ada gangguan tekni, bisa hitungan jam langsung selesai. Kalau tidak percaya, silakan urus akta kelahiran anaknya.

kami selalu mengimbau kepada orangtua untuk agar segera mengurus akta kelahiran anaknya. Karena akta kelahiran merupakan identitas penting buat anaknya. Akta kelahiran identitas kebangsaan kita. Jadi, uruslah akta kelahiran anaknya. Jangan ditunda-tunda lagi. (dri)

Irianto,
Kepala Disdukcapil Kota Tanjungpinang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here