Aktivitas Bongkar Muat Gagal Dipindahkan

0
316
PELABUHAN bongkar muat di Taman Bunga hingga kini belum berhasil dipindahkan ke Pelabuhan Parit Rempak, Meral, Karimun. F-ISTIMEWA

KARIMUN – Segala daya dan upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, agar proses pemindahan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Taman Bunga ke Parit Rempak, Meral terlaksana sejak 2 tahun lalu. Namun, apa yang dicita-citakan itu tidak terlaksana hingga saat ini.

”Pemkab Karimun telah berupaya maksimal dan berkoodinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungbalai Karimun, Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) PT Pelindo I Cabang Karimun. Kenyataan sampai hari ini proses pemindahan pelabuhan bongkar muat belum terlaksana,” kata Aunur Rafiq, Bupati Karimun, Kamis (11/1).

Koordinasi dilakukan agar proses pemindahan dapat dilaksanakan, beberapa fasilitas di pelabuhan bongkar muat telah dibenahi dan didukung dengan PT Buruh Bongkar Muat (BBM) dari Parit Rempak.

Bahkan dua tahun lalu, Plt Dirjen Hubla telah meninjau Pelabuhan Parit Rempak. Dalam waktu dekat ini, pemerintah akan kembali menanyakan kelanjutan pemindahan pelabuhan bongkar muat pada kementerian.

Atau akan dilakukan setelah pelantikan Direktur PT Karya Karimun Mandiri (KKM), sebagai Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Karimun yang mengelola Pelabuhan Parit Rempak. Pemindahan aktivitas bongkar muat dari Pelabuhan Taman Bunga ke Parit Rempak, Meral sudah lama direncanakan.

Padatnya kendaraan di area Pelabuhan Taman bunga, membuat arus lalu lintas kerap macet di saat bersamaan kapal feri penumpang antarpulau sandar di Pelabuhan Domestik. (yon) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here