Aktivitas Tambang Pasir Menyalahi Aturan Menteri

0
771
AKTIVITAS tambang pasir oleh PT Indo Inter Intraco yang sedang berlangsung di Desa Marok Kecil. F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

Aktivitas pertambangan pasir di bibir pantai oleh PT Indo Inter Intraco di Tanjung Kruing, Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan melanggar Peraturan Menteri ESDM No 34 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pelaksanaan Mineral dan Batu Bara.
Hingga kini, aktivitas tersebut tersebut masih berlangsung walau peruntukan lokasi tambang menyalahi Peraturan Menteri.

LINGGA – DALAM aturan itu disebutkan, untuk area pertambangan jaraknya harus lebih dari 150 meter dari bibir pantai. Faktanya, aktivitas pertambangan pasir perusahaan tersebut persis di pinggir pantai.

Selain itu aktivitas perusahaan ini juga melanggar Perda Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kepri yang menyebutkan tidak sedikitpun wilayah di Kabupaten Lingga diperuntukan untuk lokasi pertambangan.

”Tambang pasir PT Indo Inter Intraco jelas melanggar aturan dan merusak lingkungan. Kami minta pihak penegak hukum melakukan inspeksi langsung ke lokasi. Bila terbukti melanggar harus diberikan sanksi,” kata Arbain, Ketua LSM Peduli, Senin (8/1)

Arbain menjelaskan, aktivitas pertambangan pasir ini seolah ditutupi oleh aparatur pemerintahan desa dan kecamatan setempat. Sebab, lebih dari enam bulan melakukan aktivitas pertambangan namun pihak kecamatan seolah tidak mengetahuinya. Beberapa kali dikonfirmasi kepala desa dan camat setempat, mengaku bahwa pihak perusahaan masih melakukan survei lapangan.

Padahal, perusahaan tersebut telah menambang pasir di daerah tersebut. ”Faktanya aktivitas pertambangan sudah dimulai enam bulan yang lalu. Mereka sudah ambil pasirnya, tetapi kades dan camat pura-pura tidak tahu dengan pelanggaran yang dilakukan PT Indo Inter Intraco,” jelas Arbain.

Jika aktivitas ini dibiarkan, sambung Arbain, akan menjadi justifikasi semua perusahaan tambang pasir yang ingin masuk ke Lingga untuk berbuat hal yang sama. Kini, ada lima perusahaan yang telah sosialisasi untuk menambang.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here