Akun Anonim Marak

0
359
AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro

Jelang Pilwako Tanjungpinang

Menjelang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, media sosial, terutama facebook, ramai dengan kehadiran akun anonim (tanpa nama). Akun-akun anomin ini secara aktif berkomentar di akun-akun warga Ibu Kota Tanjungpinang sedang membahas proses Pilkada.

TANJUNGPIANG – Tak jarang, komentar-komentar mereka bernada menyerang dan provokatif. Akun-akun tidak jelas pemiliknya tersebut dapat meresahkan dan menimbulkan kebisingan.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro mengatakan, pihaknya terus melacak semua akun-akun media sosial anonim. Terutama komentarnya yang melakukan kampanye hitam, adu domba, mengandung sara. Akun ini akan ditindak tegas. ”Tim kita ada khusus memantau akun-akun yang tidak jelas, meresahkan dan menimbulkan kebisingan,” kata Kapolres, Jumat (26/1).

Kapolres menyebutkan, Cyber Patrol, Cyber Troops dan Satgas Black Campaign sudah terbentuk. Pembentukan Satgas untuk bertindak menghadapi segala kerawanan dan ancaman selama masa Pilkada Tanjungpinang 2018 di Kota Tanjungpinang.

Satgas Black Campaign nanti akan melakukan melakukan patroli siber. Kata dia, tugas pokok Satgas Black Campaign memberikan sosialisasi kepada para pengguna media sosial agar bijak dalam bermedia sosial dan netral, tidak saling menjatuhkan. Juga untuk mengawasi segala upaya yang bisa merusak atau mempertanyakan reputasi seseorang dengan mengeluarkan propaganda negatif.

”Karena kampanye hitam atau Black Campaign ini, dapat merusak kualitas dalam Pemilukada nanti,” jelasnya. Selain itu, Kapolres menjelaskan pasukan Operasi Mantap Seligi 2018 juga disediakan. Pasukan ini bertujuan untuk penegakan hukum dalam pengamanan setiap inti Pemilukada.

Baik itu berbentuk money politic, Black Campaign, dan gangguan lain sebagainya yang bisa merusak jalannya Pilkada. ”Kita akan mengedepankan Preemtif dan Preventif yang didukung kegiatan intelijen untuk mensukseskan Pemilukada,” ujarnya.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here