Alat Kesehatan Kosong, Warga Batal Berobat

0
379
PELAYANAN: Ruang pendaftaran pelayanan kesehatan di Puskesmas Meral, Karimun. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

Karimun – SURYA (34) warga Meral, Karimun harus kecewa pulang dari Puskesmas Meral, Karimun, Rabu (1/2) kemarin. Usahanya menahan lapar sia-sia. Surya berpuasa, karena ingin mengetahui memeriksakan kadar kolesterol dalam tubuhnya.

”Tak jadi cek kolesterol di Puskesmas Meral, karena menurut petugas pelayanan stik untuk mengetahui kandungan kolesterol sedang kosong. Kekosongan ini sudah terjadi beberapa hari,” imbuhnya.

Ketika Tanjungpinang Pos menemui staf pelayanan di Puskesmas Meral. Petugas menjawab, bahwa jam pelayanan sudah tutup dan hanya dibuka sampai pukul 12.00 WIB.

”Stik untuk cek kolesterol sudah kosong dalam beberapa hari terakhr. Bukan hanya bapak yang datang untuk cek kolesterol,” kata seorang perempuan berkurudung memakai seragam honorer di puskesmas tersebut.

Ia menyampaikan, setiap hari ada ratusan warga Meral yang hendak cek kolesterol datang. Stok stik tidak cukup untuk melayani warga yang hendak mengetahui kadar kolesterol dalam tubuhnya. Ia tidak memberikan keterangan kapan stik akan tiba di Puskesmas itu.

Ketika ditanya bukannya Puskesmas Meral telah menjadi badan layanan umum daerah (BLUD), ia mengaku tidak mengetahui status Puskesmas. Dirinya mempersilahkan Tanjungpinang Pos untuk menanyakan kepada yang lebih mengetahui persoalan status Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rahmadi ketika dikonfirmasi enggan memberikan jawaban secara resmi. Baik melalui telepon maupun pesan singkat yang dikirimkan.

Pemerhati kinerja aparatur daerah Karimun, Abizar berharap Puskesmas Meral segera menyediakan stok stik kolesterol, seiring permintaan warga yang meningkat. Menurut dia kekosongan stik tersebut seharusnya tidak perlu terjadi.

”Staf juga tidak bisa disalahkan dalam hal ini,” kata Abizar.

Ia menyarankan Aunur Rafiq untuk sidak ke Puskesmas guna mengetahui pelayanan kesehatan masyarakat kelas bawah, jangan hanya sidak di kantor kelurahan dan kecamatan. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here