Alhamdulillah, Sekolah di Pulau Sirai Jadi Bedelau

0
264
GEDUNG kelas jauh SDN 004 Mantang di Pulau Sirau berkilau dan megah, setelah dilakukan rehab total, dengan anggaran perubahan APBD 2018 lalu. F-ISTIMEWA

Setelah Disdik Bintan Merevitalisasi Kelas Jauh SDN 004 Mantang

MASIH ingat bagaimana kondisi gedung kelas jauh SDN 004 Mantang di Pulau Sirai, Agustus 2018 lalu? Kini, gedung sekolah di pulau terpencil di Kecamatan Mantang itu, sudah bedelau (berkilau) dan keren setelah direvitalisasi atau rehab total.

MANTANG – Masih segar dalam ingatan, ketika berkunjung ke kelas jauh SDN 004 di Pulau Sirai, Desa Mantang Besar, Kecamatan Mantang, sekitar bulau Agustus 2018 lalu. Gedung sekolah ini terletak di hamparan tanah seluas 60 meter x 21 meter, atau sekitar 1.260 meter persegi. Sekolah sebagai sarana pendidikan bagi anak pulau terpencil ini, berada di di RT03/RW02 di Pulau Sirai, Desa Mantang Besar.

Saat itu, teras dan plafon bangunan kelas jauh SDN 004 Mantang di Pulau Sirai sangat memprihatinkan. Beberapa orang guru mengatakan, kondisinya hancur-lebur. Namun, semangat pelajar SDN 004 di Pulau Sirai menggunakan fasilitas belajar yang memprihatinkan itu, tak pernah surut.

Padahal, kondisi cat dinding sekolah sudah pudar, lantai berdebu akibat beberapa bagian yang terkelupas, dan banyak atap yang bocor. Tak hanya pelajar yang gigih untuk belajar setiap harinya. Tenaga pendidik (guru) pun rela naik pompong, demi menjalankan tugasnya.

”Itu kondisi sekolah kami, yang dulu. Sekarang, sudah jauh berbeda bentuknya,” kata Fadilla Santi, seorang majelis guru kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (4/1) kemarin.

Ketika mengetahui kondisi kelas jauh SDN 004 Mantang di Pulau Sirai yang memprihatinkan, Bupati Bintan H Apri Sujadi bersama Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir SSi MSi berkunjung ke pulau Sirai. Saat itu, Pemkab Bintan sudah mengalokasikan dana sekitar Rp300-an juta untuk melakukan revitalisasi (rehab total), melalui perubahan APBD (APBD-P) 2018.

Dana revitalisasi untuk kelas jauh SDN 004 Mantang di Pulau Sirai ini bisa dialokasikan, karena hibah lahan warga untuk sekolah tersebut sudah tuntas. Pengerjaan proyek rehab total pun dilakukan. Pihak rekanan tak ingin menyia-nyiakan pekerjaan ini. Dua ruang kelas belajar yang lama dibongkar. Semua fasilitas dibangun dengan material baru, serta ditambah satu toilet.

”Pekerjaan sudah selesai. Alhamdulillah, sekolah kami benar-benar bedelau dan keren. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi, dalam mewujudkan impian kami. Tinggal, ruang majelis guru yang bakal dibangun tahun 2019 ini,” tutup Fadilla Santi.

Kadisdik Bintan Tamsir SSi MSi membenarkan, pekerjaan revitalisasi kelas jauh SDN 004 Mantang di Pulau Sirai sudah selesai.

”Iya, benar. Pekerjaan sudah selesai, tinggal perawatan saja, dan sudah bisa digunakan,” kata Tamsir.

Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Johari menyebutkan, tahun 2018 ini, kegiatan fisik untuk Sekolah Dasar cukup banyak. Antara lain rehab ruang kelas sebanyak 40 ruang belajar, revitalisasi kelas 5 ruangan, rehab rumah dinas 2 kopel, pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) 10 ruangan, pembangunan rumah dinas sebanyak 5 unit, pembangunan jamban sekolah sebanyak 2 unit dan kantin 1 unit.

”Termasuk revitalisasi di kelas jauh SDN 004 Mantang di Pulau Sirai itu,” demikian dipaparkan Johari.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here