Alokasikan Rp 9,3 M, Angkutan Sekolah Gratis

0
674
SILATURAHMI: Bupati Bintan H Apri Sujadi bersilaturahmi dengan siswa TPA Kelurahan Seienam (Bintim), Minggu lalu. F-ISTIMEWA/humas pemkab bintan

BINTAN – PEMKAB Bintan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 9,3 miliar, untuk transportasi pendidikan, pada tahun anggaran 2017 ini. Dengan anggaran tersebut, Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Wabup Dalmasri Syam menetapkan, angkutan sekolah bagi siswa digratiskan.

Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir SSi MSi menyebutkan, sesuai kebijakan Bupati Bintan H Apri Sujadi, Disdik Bintan melalui APBD tahun 2017 telah menganggarkan Rp 2,3 miliar untuk penyediaan transportasi laut bagi siswa di daerah pulau. Kemudian, anggaran sebesar Rp 7 miliar dialokasikan untuk transportasi bus gratis.

”Tak hanya masuk sekolah yang gratis. Angkutan pendidikan pun disediakan secara gratis pada tahun 2017 ini,” kata Tamsir, di ruang kerjanya, Senin (10/4) kemarin.

Fasilitas angkutan sekolah gratis itu berupa 43 unit bus sekolah dan 19 kapal motor bagi akses siswa sekolah yang berada di pulau dan daerah pesisir. Sarana angkutan sekolah gratis ini disediakan, dengan tujuan agar anak sekolah bisa fokus dalam belajar sehari-hari.

Program yang dibuat Bupati Bintan H Apri Sujadi bersama Wabup H Dalmasri Syam ini tidak saja bertugas mengantar ke sekolah. Tapi, transportasi yang disediakan juga untuk menjemput siswa saat pulang sekolah.

43 unit bus sekolah gratis disediakan di Kecamatan Bintan Timur, Bintan Utara, Teluk Sebong, Toapaya, Sri Kuala Lobam dan Teluk Bintan. Sedangkan 19 kapal 1-5 GT disebar di daerah pulau dan pesisir Kecamatan Mantang, Bintan Pesisir, Teluk Bintan serta Kecamatan Tambelan.

”Sarana transportasi angkutan sekolah gratis ini berlaku untuk seluruh tingkatan sekolah. Mulai dari SD/MI, SLTP/MTS sampai ke tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Bintan,” tambahnya.

Bupati Bintan H Apri Sujadi di sela kunjungan ke TPA Fastabiqul Khairat Kelurahan Seienam (Bintim), mengatakan, APBD tahun anggaran 2017 yang disusun, diprioritaskan untuk program yang langsung menyentuh ke masyarakat.

”Mudah-mudahan program masuk sekolah gratis dan angkutan sekolah gratis ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Bintan,” kata H Apri Sujadi, Minggu (9/4) sore lalu.(YENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here