Amankan Perairan Polair Patroli Keliling

0
424
PATROLI KELILING: Satpolair Polres Tanjungpinang saat berpatroli keliling di kawasan perairan Pelantar I. f-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Tanjungpinang memaksimalkan pengawasan laut di kawasan perairan pelantar dengan melakukan patroli keliling di kawasan Pelantar. Kepala Satuan (Kasat) Polair Bintan Iptu Firudin mengatakan, pihaknya kini tetap memaksimalkan pengawasan di wilayah pelantar yang setiap harinya selalu melakukan patroli.

”Kami rutin melakukan Patroli Sinar Biru (PSB), agar perairan tetap aman kondusif,” katanya kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (5/7). Pihaknya harus mengawasi keamanan laut Tanjungpinang, dengan luas lautan yang melebihi dari daratan. Menurutnya, dengan memiliki kekuatan tujuh orang personel untuk setiap kapalnya, harus dilakukan dengan jeda waktu jam patroli.

Firudin menjelaskan, perairan sangat rawan dengan aksi kejahatan di laut. Contoh kasusnya seperti adanya pencurian, tindak kekerasan kepada kru kapal, serta tindakan lainnya yang merugikan masyarakat. Untuk itu pihaknya mengawasi setiap jalur transportasi kapal, baik itu kapal penumpang dan kapal lainnya.

”Kita keliling patroli, pada malam hari juga kita patroli,” sebutnya. Menurutnya aksi pencurian dan potensi gangguan keamanan lainnya di laut, peluangnya sangat tinggi karena perairan luas dan sulit di pantau.

”Terkadang aksi pencurian juga terjadi di kapal milik warga. Untuk itu kami harus selalu memantau keamanan dan bersinergi dengan nelayan,” terangnya. Untuk meningkatkan jam patroli kedepannya, pihaknya telah bekerja sama dengan para pemilik kapal serta para nelayan untuk berkoordinasi bila ada kegiatan yang mencurigakan agar segara dilaporkan. (cr27)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here