Amdal Selesai, Reklamasi Dimulai

0
3935
Salah satu item Detail Engineering Design proyek jalan lingkar yang masuk dalam proyek Gurindam 12 yang mulai dikerjakan Maret mendatang. F-istimewa

Proyek Gurindam 12 Dikerjakan Bulan Depan

Analisa Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan jalan lingkar sudah keluar. Reklamasipun mulai dilakukan pada Maret mendatang.

TANJUNGPINANG – Untuk tahap awal, reklamasi mulai di depan Gedung Daerah sampai pertengahan Gedung Gonggong. Dengan lebar reklamasi 150 meter, dengan total panjang 800 meter. Titik kedua lokasi yang direklamasi lagi mulai depan Monumen Raja Haji Fisabilillah sampai dengan di depan SMAN 5 Tanjungpinang. Dari depan SMA 5 Tanjungpinang ke Batu Hitam tidak ada reklamasi, tapi dihubungkan dengan jembatan lingkar.

Proyek multiyears untuk tahap pertama tahun ini Rp 120 miliar, di tahun 2019 Rp 200 miliar dan tahun 2020 Rp 190 miliar, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun meminta kepada masyarakat mendukung proyek penataan tepilaut. Nurdin juga meminta agar masyarakat bersabar karena reklamasi akan berdampak bagi masyarakat pesisir.

Baca Juga :  Retribusi Parkir Masih Bocor

”Membangun Tepilaut tidak bisa langsung jadi. Tak bisa simsalabim langsung jadi, perlu proses. Saya minta masyarakat mendukung dan bersabar, mohon doa restunya,” tegas Nurdin kepada wartawan di Tanjungpinang, kemarin.

Kata Nurdin, Maret ini proyek multiyears penataan Gurindam 12 dimulai. Penataannya tidak hanya menata pemukiman masyarakat Telukkriting yang masih dalam satu kesatuan, melainkan juga ada reklamasi pantai di beberapa titik.

Reklamasi pantai ini harus dilakukan sebagai upaya membangun kawasan terbuka hijau, tempat berwisata, lokasi parkir, dan rest area (anjungan).

Baca Juga :  Pemuda Harus Mampu Menfilter Informasi

”Pembangunan ini meransang orang untuk berinovasi, investasi di Kepri. Sebagai informasi pemerintah pusat itu, menunggu kita berinovasi, kalau kita gini-gini aja, kita ketinggalan, tak akan dilirik. Kalau ini jadi, daya jual kita banyak, menjadikan Tepilaut ini sebagai pusat wisata bahari,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Kota Tanjungpinang Surjadi, menjelaskan Amdal untuk pembangunan jalan lingkar tidak masalah lagi. Dan, pemerintah daerah dan Pemprov Kepri sudah melakukan pertemuan dengan perwakilan masyarakat.

Intinya, sambung Surjadi masyarakat sudah menunggu proyek jalan lingkar di kerjakan Maret ini. ”Lebih cepat dikerjakan lebih baik, masyarakat mendukung,” tegansya.(SUHARDI-ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here