Amsakar Dorong Produk UKM Dipasarkan Online

0
535
Wawako Batam, Amsakar saat pembukaan Bimtek pelaku industri kecil menengah (IKM) atau UKM di Batam, Selasa (13/11).F-istimewa/HUMAS PEMKO batam

Pemerintah Kota Batam mendorong usaha kecil menengah untuk berkembang. Sektor ini harus dipasarkan secara online sesuai dengan perkembangan zaman.

BATAM – UKM atau UMKM bisa menjadi tulang punggung perekonomian Batam, seperti halnya ekonomi nasional. Karena UKM, merupakan kegiatan usaha padat karya. Sehingga penting memperhatikan tata kelola dan pemasaran. Khusus pemasaran, didorong dilakukan secara online atau melalui media sosial.

Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Selasa (13/11) di Batam, saat bimtek wirausaha IKM dan serah terima bantuan mesin di Batam. Kegiatan itu digelar Dinas Koperasi Usaha Mikro (KUM) yang dipimpin Suleman Nababan. ”UKM ini kegiatan ekonomi padat karya, yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional,” kata Amsakar.

Baca Juga :  BP Tawarkan Lahan 10 Hektar untuk UMKM

Dijelaskan, ada lima hal yang mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui UMKM. Selain modal, juga tata kelola (SDM), kemasan produk, jangkauan dan pemasaran. ”Kalau ini bisa berjalan dengan baik maka bisa berjalan pengentasan kemiskinan dengan baik,” harapnya.

Disebutkan, untuk mendukung UKM di Batam, pemerintah mengalokasikan dana untuk membantu modal pelaku usaha. Dana pengembangan usaha itu dimasukkan dalam pos Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). ”Ada dana bergulir ditarik ke BPKAD. Ada Rp900 juta per bulan bisa dimanfaatkan,” kata Amsakar.

Sementara untuk kemasan, diingatkan penting untuk menarik konsumen. Dalam hal ini, pemerintah pusat membantu. ”Persoalan terkait kemasan, bantuan dari kementerian ada dan dikelola yayasan Raja Isa. Ini potensi luar biasa,” beber dia.

Baca Juga :  Asperikat Bantu Tekan Inflasi Daerah

Selain itu, pemerintah juga membantu mendorong UKM mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Sehingga bisa bersaing lebih baik di pasar. ”Berbagai upaya kita lakukan. Kita bantu komposisi mendapat sertifikat halal dari MUI. Ada 70 UKM yang bantu sertifikasi halal, selama kami mimpin,” kata Amsakar.

Terkait UKM yang akan mendapat label halal ini, Amsakar meminta Dinas KUM Batam, untuk menambah menjadi 100. ”Tambah saja Pak Nababan, naikkan saja jadi 100,” pesan Amsakar.

Diminta agar produk UKM Batam meninggalkan pemasaran model konvensional. Didorong agar pemasaran dilakukan secara online. ”Pemasaran model konvensional tinggalkan. Memasarkan produk cukup di medsos. Yang diperlukan ketepatan, kecepatan dan komitmen. Era sekarang, kita semestinya masuk ke ranah itu,” himbaunya.

Baca Juga :  Salurkan CSR, Gratis Pasang Billboard

Untuk mendukung UKM, Amsakar mengungkapkan pembangunan gedung BLUD untuk usaha kecil dan mikro di Batam. Pembangunan dilakukan di Bengkong untuk meningkatkan pemasaran produk UKM kepada wisatawan. ”BLUD di Bengkong sedang kami bangun. Tanah dikasih Pak Abi, bisa manfaatkan situ,” imbuh Amsakar mengakhiri. (MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here