Anak Daerah Harus Mampu Bersaing

0
785
STAF BTI, Taufik Anugrah Putra Sos mensosialisasikan terkait pariwisata ke siswa SMKN 1 Bintan.f-ISTIMEWA

BINTAN – Sebagai putra daerah harus mampu bersaing dan membaca peluang karir yang cemerlang didaerah sendiri. Begitulah ungkapan yang disampaikan Taufik Anugrah Putra S Sos, saat menggelar sosialisasi Kampus Bintan Tourism Institute (BTI) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bintan di Tanjunguban, Selasa (16/1).

Taufik yang merupakan Staf BTI, memberikan pemahaman dan bercerita tentang peluang karir anak daerah untuk menjadi tenaga profesional di daerah sendiri dengan berbekal kemampuan atau skill dibidang khususnya seperti pariwisata.

Kedatangan pihaknya ke sekolah SMKN 1 Bintan memperkenalkan Kampus BTI kepada pelajar. Barangkali setelah lulus ingin atau bercita-cita berkarir menjadi tenaga profesional dibidang pariwisata seperti perhotelan dan restoran.

Baca Juga :  Sipenmaru Permudah Calon Mahasiswa Baru

”Kami dari BTI, tentunya mampu menjadikan lulusan yang siap kerja dan profesional serta mampu bersaing secara Skill,” jelas Taufik.

Ia mengungkapkan, perkembangan investasi di Kepri terus menggeliat khususnya sektor pariwisata. Menurutnya, putra daerah jangan hanya jadi penonton dan harus memiliki kemampuan yang baik dibidang tertentu serta harus memburu peluang tersebut.

”Jika tidak mampu melihat dan memanfaatkan, maka hanya jadi penonton di kampung sendiri. Hal ini sudah sering terjadi,” ia mengingatkan.

Sebab, lanjut Taufik, saat ini merupakan era masyarakat ekonomi Asean (MEA) yang mana tenaga kerja asing dan bersertifikasi bis abergabung ke Indonesia. Begitu sebaliknya.

Baca Juga :  125 Mahasiswa akan Terima Beasiswa

Sebelumnya, Direktur BTI, Ign Haryadi menyampaikan, perkembangan sektor pariwisata Kepri khususnya Kabupaten Bintan terus mengalami perkembangan.

”Daerah kawasan wisata Lagoi dan Pantai Trikora, terus berdatangan investor dan membangun resor bertaraf internasional. Sehingga, daerah perlu menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pariwisata yang berkualitas,” jelas Haryadi.

Ia menambahkan, sejauh ini lulusan Bintan Tourism Institute 80 persen telah terserap diberbagai hotel yang ada di Kabupaten Bintan maupun luar itu.

Haryadi pun berharap, nantinya yang akan menjadi tenaga profesional di resor bertaraf internasional di Kabupaten Bintan merupakan anak daerah.

Baca Juga :  Kaum Milenial Diajari Bahasa Publik

Menurutnya, generasi muda Kepri harus mampu bersaing dengan skill yang dapat dijual. ”Saya yakin lulusan Bintan Tourism Institute pasti siap kerja. Sebab, mereka lulus dibekali tiga sertifikat kelulusan,’ ungkapnya.

Masing-masing diantaranya, sertifikat kelulusan yang dikeluarkan kampus Bintan Tourism Institute, sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan sertifikat I’m Alert Food Handling Safety dari negeri Kangguru alias Australia. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here