Anak Diajarkan Pahami Tanjungjawab

0
102
Kegiatan Persami Forum Anak Kota Tanjungpinang di Poyotomo Bintan. F-Isitmewa

DP3APM Kota Gelar Persami

TANJUNGPINANG – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang telah menggelar kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Forum Anak Kota Tanjungpinang di Poyotomo Bintan, Sabtu (29/6) lalu.

Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj Rahma melepas sepasang burung merpati sebagai pertanda telah dibuka kegiatan tersebut.

”Persami merupakan salah satu upaya dan usaha yang sangat positif, tentunya tujuan utama dari Persami adalah untuk mempererat tali silaturahmi serta menumbuh kembangkan rasa cinta terhadap lingkungan,” kata Rahma dalam sambutannya.

Selain itu, Rahma juga berharap, anak-anak juga dapat memahami tanggungjawabnya. Mereka (anak) juga merupakan genarasi muda penerus estafet kepemimpinan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang.

Untuk mewujudkan Tanjungpinang sebagai kota layak anak, perlu sinergisitas antar semua lini termasuk seluruh OPD dan tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan.

”Oleh karena itu Pemerintah saat ini juga telah melibatkan anak dalam pembangunan, hal ini dimulai dengan melibatkan forum anak dalam kegiatan Musrenbang mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, tingkat Kota dan Provinsi,” sambung Rahma.

Rahma juga berpesan kepada kaum melenial, agar dapat lebih bijak dan dapat mengawasi diri sendiri dalam menggunakan gadget. Karena jika tidak, dengan kemajuan teknologi zaman sekarang dapat memberikan efek negatif yang dapat merusak generasi millenial saat ini.

Ketua pelaksana kegiatanPersami Forum Anak Kota Tanjungpinang, Elvi Arianti dan juga Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Anak mengatakan, kegiatan berlangsung dua hari terhitung sejak Sabtu (29/6) sampai dengan Minggu (30/6). Kegiatan ini diikuti 100 orang yang terdiri dari peserta didik SLTP/ SLTA yang bergabung dalam Forum Anak Kota Tanjungpinang.

Lanjut Evi, ada beberapa aksi permainan tradisional mengisi kegiatan Persami, mulai permainan tradisional yeye, engran, congklak, angkung dan lainnya. Pada malam hari, anak melanjutkan kegiatan pentas seni dengan berbagai macam atraksi sambil menyalakan api unggun penuh kegembiraan.

Pada penghujung malam dilanjutkan dengan renungan malam untuk menginstrospeksi diri dipandu Sofiar, bagaimana tingkah laku terhadap kedua orang tua dan teman selama ini. Anak-anak tampak menghayati, satu-persatu mereka menghapus air matanya dengan tisu.

Dalam keheningan malam hanya terdengar isak tangis penyesalan atas kesalahan diri dan bertekad untuk memperbaiki diri, agar lebih baik lagi.

Keesokan harinya mereka salat subuh berjamaah, dilanjutkan dengan senam bersama dan outbond dipandu Kepala BKP-SDM Samsudi untuk menerpa jiwa kepemimpinan sejak dini. Kebahagiaan terpancar nyata diwajah mereka ketika outbond selesai hujan deras tiba.

Mereka bernyanyi bersama membawakan lagu three end, Peopor dan Pelapor.

”Ditengah hujan mereka meluahkan kegembiraan mengikuti irama musik,” sebut Elvi. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here