Anak Hafal Alquran Dapat Mahkota

0
127
PARA orangtua foto bersama dengan pengurus YBIS serta guru bersama anak-anak yang diwisuda tahfiz di Hotel Comfota, Sabtu (27/4). F-martunas/tanjungpinang pos

98 Siswa RA Aluswah Tanjungpinang Diwisuda

Siswa TK Aluswah Tanjungpinang yang sudah hafal Alquran setengah juz dari juz ke-30 diberi mahkota saat wisuda tahfiz di Hotel Comforta Batu 10 Tanjungpinang, Sabtu (27/4) lalu.

TANJUNGPINANG – Sebanyak 98 siswa diwisuda saat itu baik TK A (Kecil) maupun TK B (Besar). Diantaranya, 60 orang TK B dan 38 orang TK A yang naik kelas.

Namun, yang sudah hafal Alquran setengah juz ada 14 orang. Khusus untuk yang 14 orang ini dilakukan wisuda Tahfiz.

Adapun penyerahan mahkota itu dilakukan Muqtafin MP.d selaku Ketua Yayasan Bina Insan Sakinah (YBIS) Tanjungpinang yang menaungi RA Aluswah Tanjungpinang.

Selain itu, anak-anak ini juga diberi piagam penghargaan. Momen itu sangat mengharukan bagi para orangtua melihat anaknya naik panggung dan menerima mahkota serta piagam penghargaan tersebut.

Setelah anak-anak menerima mahkota, giliran para orangtua siswa yang kemudian diberi mahkota. Yang menyerahkan mahkota kepada 14 orangtua adalah anak-anak mereka sendiri disaksikan orangtua yang lain.

Kepala RA Aluswah Tanjungpinang, Dwi Afriliyana Syari SPd.I mengatakan, wisuda tahfiz ini baru perdana mereka lakukan. Sebelum-sebelumnya hanya dilakukan wisuda seperti biasanya sekaligus pentas seni.

”Ini perdana. Mudah-mudahan siswa berikutnya makin banyak yang ikut diwisuda tahfiz,” ujar Dwi kepada Tanjungpinang Pos, Senin (29/4) kemarin.

Selain wisuda angkatan ke-XVIII tersebut, banyak kegiatan lain yang digelar saat itu seperti ceramah dai cilik, joged ceria, senam sehat, senam ceria, bernyanyi dan lainnya.

”Untuk pentas seni ini, semua anak terlibat. Mereka berkelompok dan membawakan jenis tarian maupun joged yang berbeda. Para orangtua sangat semangat dan bangga melihat anak-anaknya tampil di atas panggung,” tambahnya.

Pentas seni ini, kata Dwi, setiap tahun dilakukan sebagai rangkaian dari wisuda. Persiapan mereka dimulai dari Januari lalu dan semua anak terlibat. Tujuannya, agar anak-anak memberanikan diri tampil di depan orang ramai. ”Ini juga bagian dari upaya kita untuk mengasah mental anak-anak. Sehingga ke depan mereka akan terbiasa tampil di depan khalayak ramai. Supaya tidak memendam potensi dirinya dan anak-anak senang diberi kesempatan seperti itu,” tambahnya.

Meski sudah diwisuda, bukan berarti anak-anak ini sudah libur. Mereka masih tetap masuk seperti biasa. Wisudah itu sengaja dilakukan lebih awal karena menjelang puasa dan lebaran. Saat puasa atau jelang lebaran nanti, sebagian orangtua akan pulang kampung dan izin. Sehingga tidak semua bisa mengikuti wisuda itu.

Muqtafin sendiri bangga melihat anak-anak itu sudah berani tampil di atas panggung. Meski gerakan tarinya belum sempurna, setidaknya anak-anak ini sudah berani memulai dan tidak canggung tampil di atas panggung.

Biasanya, lulusan RA Aluswah ini melanjutkan pendidikannya ke SDIT As-Sakinah yang beralamat di Perumahan Taman Harapan Indah II Jl. D.I Panjaitan Km. 9 atau SDIT Ar-Refah yang beralamat di Sei Timun. Di sekolah inilah mereka melanjutkan hafalan Alqurannya. SDIT As-Sakinah sendiri mempunya program hafal 2 juz untuk lulusannya. Sedangkan SDIT Ar-Refah mempunyai program hafal 6 juz untuk lulusannya. Hal itu sudah terbukti, sebagian siswa Kelas II SDIT Ar-Refah sudah ada yang hafal 2 juz Alquran.

Dwi menambahkan, tahun ajaran 2019/2020 ini, mereka menerima siswa 5 lokal atau 120-125 orang. Saat ini, sudah ada yang mendaftar 50 orang lebih. Salah satu kelebihan RA ini adalah, memperkuat pondasi keagamaan siswanya. Hadir juga saat itu Hj Ismiyati, anggota DPRD Kota Tanjungpinang yang juga pengurus YBIS, Kimiatis Sa’adah, S.Pd.I selaku Kepala SDIT As-Sakinah, Mohammad Syarif LC selaku Kepala SMPIT As-Sakinah dan undangan lainnya.

Saat penampilan anak-anak di atas panggung, nampak para orangtua mengabadikan momen itu. Mereka tidak ingin meninggalkan kenangan anak-anaknya saat kecil begitu saja tanpa foto dan video melalui ponselnya.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here