Anak Suku Laut Belajar ke Penaah

0
496
ANAK dan orang dewasa suku laut Selat kongky harus belajar di pelantar karena balai belajar yang biasa digunakan rubuh setahun lalu. Sehingga kini belum ada perbaikan oleh pemerintah setempat. f-dokumen/tanjungpinang pos

LINGGA – Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Lingga Normadiah menilai, anak-anak suku laut yang menimba ilmu di Selat Kongky dipindahkan untuk bersekolah di Desa Penaah.

Hal ini dilakukan dengan pertimbangan jarak antara Selat Kongky dan Desa Penaah yang hanya ditempuh dalam hitungan menit. Selain itu, daya tampung sekolah di Penaah yang mencukupi. Sehingga, akan lebih memaksimalkan dan kegiatan belajar untuk anak-anak suku laut tersebut.

”Akan lebih efektif jika anak-anak suku laut dipindahkan belajar ke Desa Penaah. Tenaga pengajar yang mendukung, dan daya tampung sekolah yang dekat tidak akan menyusahkan orang tua mereka,” kata Normadiah, kemarin.

Ia menjelaskan, dengan kondisi tuang belajar bagi anak suku laut di Selat Kongki sudah tidak layak untuk dijadikan tempat belajar. Terkait dengan anggaran yang dibutuhkan, menurutnya, bisa diambil dari Dana Desa (DD) yang tersedia untuk membuat rumah singgah atau tenaga pengasuhnya

”Dana Desa kan ada tersedia, buatlah kesepakatan bersama Pemerintah Desa dan warga, agar anak-anak yang ada di Selat Kongky dibawa saja ke sekolah yang ada di Desa Penaah, dengan dibuatkan rumah singgah dan ibu asuh untuk mengurus makan minum mereka,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here