Anak Suku Laut Kuliah di Taiwan

0
137
Ketua Baznas Kabupaten Lingga, Isnin (dua dari kanan) foto bersama dengan tiga calon mahasiswa yang mengikuti seleksi beasiswa ke Taiwan. F-istimewa

Berkat Bantuan Pengurus Baznas Kabupaten Lingga

Pengurus Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lingga membantu tiga anak Lingga kuliah di Taiwan. Bahkan satu diantaranya anak suku laut.

LINGGA – PENGURUS ingin Sumber Daya Manusia (SDM) dari Lingga makin berkembang dan maju setiap saat. Inilah satu satu upaya yang bisa mereka lakukan untuk mewujudkannya.

Tiga orang pelajar itu dari Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga. Mereka diberi kesempatan melanjutkan kuliah program sarjana di salah satu universitas di Cina Taipei (Taiwan).

Tiga pelajar ini adalah, mereka yang ikut seleksi beasiswa kerja sama antara Yayasan Bhakti Jaya dengan Badan Amil Zakat (Baznas) pusat.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lingga, Isnin mengatakan, tiga pelajar tersebut merupakan anak dari keluarga kurang mampu. Bahkan, satu orang diantaranya merupakan anak suku laut asli.

”Kami dari Basnaz Kabupaten Lingga membantu untuk transportasi dalam daerah siswa tidak mampu ini termasuk pembuatan paspor. Kemudian dana sharing dari provinsi,” kata Isnin, kemarin.

Isnin menjelaskan, untuk biaya tiga pelajar tersebut berangkat dari Indonesia ke Taiwan yang dikoordinir melalui kerja sama Baznas pusat, provinsi dan Kabupaten Lingga untuk dijamin oleh Yayasan Bakti Jaya Indonesia. ”Dipilihnya Taiwan sebagai tempat tujuan anak-anak ini, karena itu merupakan kerja sama pihak Yayasan Bakti Jaya dengan Baznas pusat. Mereka bertiga itu lulus seleksi tingkat provinsi,” ujarnya. Dia berharap, ketiga pelajar tersebut dapat memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin. Jika sudah lulus nantinya, dapat mengabdi untuk Indonesia, khususnya Kabupaten Lingga.

”Tiga yang lolos itu untuk anak suku laut namanya Ravi. Dia ini anak suku laut Akat, Pulau Kentar. Kemudian ada Sukri dan Bambang Iswanto yang juga merupakan keluarga kurang mampu,” imbuhnya.

Pemkab Lingga juga membantu siswa asal daerah itu untuk kuliah dengan harapan, setelah lulus nanti bisa mengabdi untuk daerahnya dan sama-sama memajukan Lingga. SDM merupakan salah satu modal besar untuk memajukan daerah itu. (TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here