Anak Suku Laut Miliki Akta Kelahiran

0
566
MENYERAHKAN: Densy Fluzianty (kanan) menyerahkan data anak Suku Laut Selat Kongky kepada Bidang Perlindungan Anak di Dinas Sosial dan PPA Pemkab Lingga. f-ISTIMEWA

LINGGA – Komunitas Peduli Suku Laut (KPSL), mengurus akta kelahiran 29 anak suku laut Selat Kongky, Kecamatan Senayang.
Akte kelahiran, sebagai salah satu perayaratan untuk mendapatkan pendidikan formal. Pengurusan akta tersebut, telah lama diupayakan KPSL untuk warga suku laut di Selat Kongky.

”Alhamdulillah. Apa yang selama ini kami perjuangkan telah terwujud,” kata Densy Fluzianti, Ketua KPSL saat menyerahkan data 29 anak suku laut kepada bidang Perlindungan Anak, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lingga, Selasa (19/9).

Densy mengungkapkan, perjuangan untuk memberikan akta kelahiran bagi anak suju laut telah lama diidamkannya. Wanita yang akrab disapa Densy Diaz ini, sejak awal menjadi sukarelawan buta aksara bagi masyarakat suku laut Selat Kongky beberapa tahun silam. Densy mendapatkan fakta sebenarnya, keinginan anak-anak suku laut untuk bersekolah cukup tinggi.

”Namun mereka tidak memiliki akta kelahiran, sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan pendidikan formal. Sejak saat itu, bersama relawan suku laut yang tergabung di KPSL Lingga. Kami berjuang agar anak-anak suku laut bisa mendapatkan akta kelahiran,” terangnya.

Tidak hanya KPSL, perjuangan Densy untuk mendapatkan akta kelahiran bagi anak suku laut Selat Kongky juga mendapat dukungan Pemkab Lingga dan berbagai elemen masyarakat. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here