Anambas Harus Bisa Jadi KKS

0
272
TIM KKS Kabupaten Kepulauan Anambas foto bersama di Kantor Sekretariat KKS Anambas. f-indra gunawan/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sedang berusaha menjadi Kabupaten Kota Sehat (KKS).

KKS merupakan kabupaten atau kota yang mengedepankan kesehatan, dengan tujuan hidup dengan bersih, nyaman, sehat untuk dihuni dan nyaman sebagai tempat kerja. Saat ini, Pemerintah Daerah setempat masih dalam proses pembentukan tim pembina dan forum hingga ketingkat desa.

Kepala Balitbangpeda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas Adies Saputra melalui Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi Sosial Budaya Balitbangpeda Kustiorini, menjelaskan, Kabupaten Kepulauan Anambas tahun ini baru mengikuti program KKS dan ingin mendapatkan penghargaan Pajapa atau Penghargaan Tingkat Dasar.

”Kebetulan, Balitbangpeda yang menjadi leading sektor yang dipimpin langsung oleh Istri Bupati Kepulauan Anambas Heryana Abdul Haris,” ungkap Kustiorini, kemarin.

Karena baru pertama kali mengikuti program ini, maka sesuai dengan tingkatan yang diambil yakni masih tingkat dasar atau sering disebut “Pajapa”.

Untuk tingkat dasar, Pemkab Kabupaten Kepulauan Anambas harus memenuhi dua dari delapan indikator penilaian.

”Dari delapan indikator penilaian, Anambas harus memenuhi dua indikator penilaian yakni indikator poin pertama yakni meliputi kawasan pemukiman, sarana dan prasarana sehat dan indikator ke delapan meliputi kehidupan masyarakat sehat yang mandiri,” ungkapnya lagi.

Karena meliputi beberapa bidang, maka ke depan tim pembina akan berkoordinasi dengan beberapa OPD seperti Dinas Perhubungan dan Lingkungan, PU, Kesehatan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten dan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. (ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here