Anambas Jadi yang Pertama Penyaluran DD

0
150
KABID Bina Pemerintahan Desa Dwi Jaya Putra saat menjelaskan penyaluran DD tahap 1. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Kabupaten Kepulauan Anambas menjadi yang pertama, dalam menyalurkan Dana Desa (DD) tahap pertama se-Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Hal itu berdasarkan informasi, dari pengajuan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Ody Karyadi selaku Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3APMD), melalui Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa M Dwi Jaya Putra mengatakan, pencairan DD tahap 1 yang berasal dari APBN untuk 52 desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas telah selesai.

”Berdasarkan Surat Perintah Penyediaan Dana (SP2D), pencairan dilaksanakan pada tanggal 13 dan 14 Maret kemarin,” kata Dwi Jaya Putra kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (19/3).

Ia menyebutkan, dalam proses pencairan pada tahun 2019 jauh lebih cepat dari pada tahun 2018 silam.

Karena pada tahun 2018 tersebut, paling cepat pencairan itu pada bulan April dan itupun hanya 1 desa serta tidak serentak.

”Kalau tahun ini pencairan 52 desa itu secara serentak, kalau dulu terpisah-pisah,” jelasnya.

Lanjut dia, untuk tahap 1 ini anggaran yang dicairkan sebesar Rp10.235,935.000 untuk 52 desa atau sebesar 20 persen.

Untuk pencairan tahap dua, berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) paling cepat akan dilaksanakan pada bulan Maret.

”Tahap II ini sebesar 40 persen, atau sekitar Rp20.471.870.000. Dengan harus memenuhi persyaratan, yakni memberikan laporan capaian output tahun sebelumnya,” jelas dia.

Sedangkan untuk pencairan tahap ke-III tambah Dwi, paling cepat dilaksanakan pada bulan Juli sebesar 40 persen atau sekitar Rp Rp20.471.870.000 dengan persyaratan harus serapan anggaran mencapai 75 persen untuk tahap 1 dan tahap II-nya.

Apabila ini tidak terealisasi, maka tidak akan dicairkan anggaran tahap III-nya.

”Saat ini Dinsos sedang melakukan pengumpulan capaian output masing-masing desa tahun lalu, yang merupakan syarat dari pencarian tahap II,” tegasnya.

Seraya mengatakan, total DD untuk 52 desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas berjumlah Rp51.179.675.000.

Tambahnya, guna mengantisipasi agar realiasasi serapan anggaran tahap I dan tahap II mencapai 75 persen atau lebih.

Makan pihaknya akan melaksanakan monitoring, dalam rangka peninjauan pelaksanaan pembangunan dan penyerapan anggaran di desa.

”Kita akan turun ke desa- desa untuk melakukan pengawasan, agar serapan anggaran 75 persen yang menjadi syarat pencairan tahap tiga dapat terealiasi,” jelasnya.

Sementara itu, Azwandi sebagai Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) KKA membenarkan bahwa, untuk pencairan DD 52 desa tahap I sudah terealisasi.

”Alhamdulillah, untuk tahap satu sudah selesai. Hal ini berkat koordinasi yang baik antara Kades, Dinsos, dan BKD sehingga target yang ditetapkan oleh Bupati menjadi pertama dalam pencairan itu dapat terealisasi,” tutur dia. (ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here