Anambas Mulai Kekurangan Bahan Pangan

0
674
SIDAK: Tim Satgas Pangan Anambas bersama Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Anambas saat sidak ke toko sembako belum lama ini. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – WARGA Anambas khususnya di Tarempa mulai merasakan sulitnya mendapatkan telur ayam. Tidak hanya telur, namun kebutuhan lainnya seperti cabai, bawang serta sayuran mulai sulit didapat. Beberapa pedagang makanan yang membutuhkan telur ayam, hanya bisa pasrah dengan fenomena ini.

”Sehari-hari kita jual makan ada lauk telur. Karena telur cukup tinggi, dan saat ini tak bisa makan telur karena telur sudah sulit dapatnya. Karena, sejak masuk musim utara tidak ada lagi yang menjual telur di pasar,” ujar Tini salah seorang pedagang yang menjual aneka sarapan, Selasa (2/1).

Ia pun kurang mengetahui pasti, mengapa telur ayam menjadi sulit untuk diperoleh. Sebab, ia pun baru mengetahui jika stok telur ayam yang ia miliki sudah mulai habis. Namun, ketika mencoba untuk membelinya di toko yang menjual bahan kebutuhan pokok semuanya kosong tidak ada stok.

”Biasanya saya selalu stok. Nah, pas stok habis coba beli. Tapi ini mulai susah pula,” ungkap Tini.

Ia sama sekali tidak menyadari, saat ada penjualan telur ayam dengan jumlah terbatas yang belum lama ini ada di Tarempa. ”Kemarin itu ada yang jual, tetapi hanya boleh beli dua papan. Kalau saat ini, masih ada stok kemarin. Sekarang ini stoknya habis, dan kita bingung mau beli kemana,” keluh Wati, pedagang makanan.

Wati menjelaskan, satu papan berisi 30 buah telur ayam diakuinya bisa habis dalam waktu tiga hari. Ia pun berharap, datangnya kapal ke Anambas dapat membawa pengaruh terhadap ketersediaan sembako di Anambas khususnya Tarempa.

”Mudah-mudahan kapal datang seperti KM Bukit Raya nanti bawa telur. Biasanya, kalau di Tarempa sulit di pulau masih dapat walaupun hanya sedikit,” ungkapnya.

Ketersediaan telur ayam ini pun, sebelumnya menjadi perhatian Satgas Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas. Dari pengecekan yang dilakukan ke enam toko yang biasa menjual sembako di Tarempa belum lama ini, ketersediaan telur diketahui kosong.

Kosongnya stok telur ini disebabkan transportasi kapal dari Tarempa ke Tanjungpinang, yang biasa membawa telur, bawang merah serta cabai belum beroperasi dengan normal dikarenakan faktor cuaca masih ekstrem.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here