Anambas Terima 38 Guru Garis Depan

0
966
KUNJUNGAN: Bupati Anambas Abdul Haris ketika melakukan kunjungan di salah satu sekolah di Kecamatan Siantan Tengah beberapa waktu yang lalu. F-dokumen/tanjungpinang pos

ANAMBAS – KABUPATEN Anambas mendapatkan bantuan Guru Garis Depan (GGD) sebanyak 38 orang. Guru-gugu tersebut, nantinya akan ditempatkan di sejumlah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Anambas. Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Asiah mengatakan, sebenarnya terdapat 40 orang GGD yang akan mengabdi di Anambas. Namun, dua orang diantaranya mengundurkan diri sehingga tinggal 38 orang. ”Direncanakan, tangga 1 September 2017 mendatang mereka akan ke Anambas dan mulai bertugas. Dan mereka diantar pihak kementrian,” Asiah, Senin (31/7).

Baca Juga :  Pedagang Antarwilayah Bawa Berkah Bagi Warga

GGD yang akan bertugas ke Anambas, akan menggantikan program Guru Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (SM3T) SM3T. Sebab, guru SM3T akan masa kontraknya pada bulan Agustus. Sebanyak 38 GGD nanti akan ditempatkan di sekolah SD dan SMP, yang berada dipulau-pulau di Anambas. ”Mereka akan disebar disekolah-sekolah yang berada di pulau-pulau (hinterland) di seluruh Anambas,” ujar Asiah.

Ia menjelaskan, dari 38 GGD tersebut tidak terdapat guru untuk tingkat SMA sederajat. Dikarenakan, kewenangan untuk guru SMA telah diambil alih oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri).

Baca Juga :  Asumsi APBD Diprediksi Turun

Jika pun ada GGD yang ditempatkan di sekolah SMA, nantinya untuk membantu mengajar di SMK Negeri 4 Arung hijau. Mengingat sekolah tersebut masih baru dan belum memiliki tenaga pengajar. ”Saat ini di Anambas masih kekurangan guru yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), kendati kekurangan tersebut dapat ditutupi dengan guru honor. Hal ini diakibatkan oleh banyak guru yang berstatus pegawai enggan bertugas di pulau-pulau,” jelasnya. (INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here