Anambas Tidak Ada Perubahan Dapil

0
118
RAPAT koordinasi uji publik dalam penyusunan, serta penataan Dapil Anggota DPRD telah disepakati segenap Parpol di Anambas dan stakeholder. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Kabupaten Anambas Terdapat tiga Daerah Pemilihan (Dapil), pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 17 April 2019 mendatang. Tiga Dapil tersebut antara lain, Dapil 1 yang terdiri dari Kecamatan Siantan Siantan, Siantan Selatan, dan Siantan Timur.

Untuk Dapil II, yakni Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur, dan Dapil III Kecamatan Palmatak, Siantan Tengah. Bahkan saat rapat koordinasi uji publik dalam penyusunan, serta penataan Dapil Anggota DPRD telah disepakati segenap Parpol di Anambas dan stakeholder.

Sehingga, mendukung serta menandatangani kesepakatan penyusunan dan penataan Dapil tersebut. Untuk komposisi perwakilan tetap pada komposisi lama yakni Dapil I 9 orang, Dapil II 4 orang dan Dapil III 7 orang.

Adapun Anggota DPRD dari Dapil I antara lain yakni Imran, H Dhannun dari Partai PPP, Syamsil Umri dan Indrayana, PDIP yakni H Tety Hadiaty Partai Gerindra, Muliady Partai Hanura Muhamad Dai Partai Amanat Nasional, Firman Edy PBB dan Raja Bayu Febri Gunadian, SE Partai Golkar.

Untuk Dapil II, 4 orang Wakil yakni Ayub SIP, PPP, Julius Partai Hanura, H Nur Adnan Nala dari Partai Demokrat, Amat Yani PBB. Untuk Dapi III Asnidar PPP, Yusli, PDIP Syafrillis Partai Demokrat, Dharusman, PBB, Jasril Jamal PAN, Rocky H. Sinaga Partai Golkar dan Yulius, SH Partai Gerindra.

Novelino Komisioner Bidang Tekhnis Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) mengatakan, Dengan tiga dapil yang telah ada maka Pileg 2019 sama dengan Dapil 2014 silam. ”Anambas terdiri dari tiga Dapil Yakni Dapil I, II dan III sama dengan pileg 2014 silam,” kata Novelino, usai rapat di Siantan Nur, Rabu (7/2).

Novelino menguraikan, uji publik ini secara mekanis tahapannya berjalan dari (2-6/2). Hasil uji publik dan penandatanganan, dengan stakeholder telah dilaksanakan. Maka KPUD Anambas akan diajukan ke KPU RI melalui KPU Provinsi.

”KPUD akan mengajukan ini ke KPU RI, melalui KPU Provinsi,” tukasnya.

Sementara, Ketua KPUD Anambas Syukrillah Idris SE mengatakan, penataan Dapil merupakan persoalan yang krusial bagi daerah yang berkepentingan bagaimana menatanya dengan baik. ”Dapil sangat berpengaruh dengan jumlah kursi di masing-masing Dapil,” ujar Syukrillah. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here