Anggaran BUMDes Lancang Kuning Tak Jelas

0
347
PULUHAN warga mendatangi rumah Kades Lancang Kuning, untuk mempertanyakan penggunaan dana desa, Rabu malam lalu. F-jendaras/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGUBAN – Laporan pertanggungjawaban anggaran tahun 2016 dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara, hingga saat ini belum jelas. Hal ini menjadi keluhan warga, dan terungkap pada aksi protes warga Desa Lancang Kuning kepada kades, beberapa hari lalu.

Anggaran BUMDes sebesar Rp 250 juta hingga saat ini masih dilakukan verifikasi oleh tim khusus, untuk menentukan sejauh mana penggunaan dan sisa anggaran yang ada. Kholili Bunyani, Kepala Desa Lancang Kuning mengakui permasalahan BUMDes tersebut. Hingga saat ini, ia juga sedang membantu tim untuk memverifikasi anggaran tersebut.

”Untuk BUMDes yang lama sudah tidak berjalan. Dan sudah kami bentuk pengurus yang baru. Namun untuk penggunaan anggaran tahun 2016 masih dicek lagi,” sebutnya, Jumat (11/5) kemarin.

Ia menjelaskan, pada tahun 2016 lalu BUMDes Lancang Kuning melakukan usaha pertanian jagung, dan penjualan beras Bulog. Namun dua usaha tersebut sudah tidak berjalan lagi. ”Pasti ini akan kami selesaikan, pengurus dan pengawas sudah kami panggil untuk menyelesaikan ini. Namun kami serahkan dulu ke tim verifikasi seperti apa hasilnya. Seharusnya, memang 2017 lalu, sudah ada laporan pertanggungjawaban soal pengelolaan BUMDes ini,” jelasnya.

Ia mengharapkan, permasalahan ini juga dapat diselesaikan segera. Agar pengurus BUMDes yang baru, dapat bekerja sesuai tugas dan fungsinya. Ronny Kartika, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan yang dihubungi terkait BUMDes Lancang Kuning belum berhasil dimintai keterangan. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here