Anggaran Cetak Sawah dari Pusat, yang Kerja Tentara

0
477
PANEN: Para petani di Natuna saat memanen padi di sawah. f-hardiansyah/tanjungpinang pos

NATUNA – Rencana awal pembukaan lahan sawah seluas 100 hektare di Desa Kelarik Utara, Kecamatan Bunguran Utara tahun ini diubah menjadi 88 hektare. Karena, yang sisanya 12 hektare lagi diperuntukkan bagi Desa Sedarat Baru, Kecamatan Bunguran Batubi.

Sekretaris Dinas Pertanian Natuna, Sadria Sjahputra mengatakan, sejak awal rencana cetak sawah di Natuna untuk dua desa.

Hanya saja, dalam rapat koordinasi di Korem 033 WP Tanjungpinang beberapa waktu lalu, diusulkan agar program cetak sawah dilaksanakan di satu desa saja yakni Kelarik Utara. Hal ini dengan pertimbangan keberadaan bendungan Kelarik.

Akan tetapi kata Sadria, berdasarkan hasil Survei Investigasi Desain (SID) maka untuk Kelarik Utara hanya dibuka 88 hektare. Dan 12 hektare lagi di Sedarat Baru.

”Keputusan ini sudah ditetapkan okeh Dirjen Pertanian, dan sudah dituangkan dalam MoU,” kata Sadria didampingi Kepala Bidang TPH, Tukino di kantornya, Kamis (16/2).

Dijelaskannya, pada program cetak sawah tahun ini, untuk anggaran sepenuhnya dari pemerintah pusat. Dan pelaksana di lapangan dikerjakan oleh TNI AD.

”Tahun lalu sudah dicetak 32 hektare,” jelasnya. (cr25)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here