Anggota Dewan Bolos, BK Turun Tangan

0
558
Suardi Tahirek

BATAM – Paripurna DPRD Batam kembali gagal dilakukan, karena alasan tidak quorum. Pada paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Batam, Zainal Abidin dan Imam Setiawan itu, anggota dewan yang hadir hanya 17 orang. Kejadian ini sudah sangat sering. Sehingga Badan Kehormatan (BK) DPRD Batam, akan mengeluarkan surat teguran.

Menurut Ketua BK DPRD Batam, Suardi Tahirek, setelah rapat paripurna gagal digelar, agenda hari itu, harusnya jawaban Wali Kota Batam, terhadap Ranperda pelestarian adat dan budaya Melayu. ”Tadi sudah skor tiga kali, tapi kawan-kawan tidak hadir. Maka ditunda lagi,” kata Suardi, Jumat (22/9).

Setelah itu, BK rapat mengambil sikap, akan menyurati masing-masing fraksi DPRD Batam, untuk menegur anggota fraksinya yang absen. ”Sudah sering kita salahkan pemerintah, tapi kita melakukan kesalahan dengan tidak ikuti agenda,” cetusnya.

Baca Juga :  Rokok Ilegal Hilangkan Cukai dan Ancam Usaha Legal

Suardi menyebutkan, memang ada yang bimtek. Namun disebutkan jumlahnya hanya beberapa orang saja. Itupun dinilai, harusnya disampaikan saat Banmus. ”Entah kemana mereka kawan-kawan. Pada hal sudah dipanggil. Maka kita akan mengambil sikap dengan surat peringatan. Kami sangat menyayangkan kawan-kawan yang tak hadir,” bebernya.

Sementara, Wakil Ketua BK dewan Batam, Aman, harusnya anggota dewan hadir, kecuali berhalangan. Paripurna merupakan forum tertinggi di DPRD Batam. ”Paripurna menjadi rapat penting, jadinya hadir. Kecuali sakit atau lainya,” ujar Aman.

Baca Juga :  2018, BP Bangun Drainase dan Jalan

Menurutnya, langkah mereka untuk menyurati fraksi terkait anggota fraksinya yang tidak hadir paripurna, sebagai bentuk tanggungjawab moral. Sekaligus mengingatkan agar fraksi di dewan mengingatkan anggotanya, untuk mengikuti agenda yang diputuskan Banmus. ”Mengingatkan kawan,-kawan, agenda yang sudah agendakan di Banmus diikuti,” imbaunya.

Dijelaskan, sebelum paripurna hari itu dibatalkan, dari daftar yang hadir 17 yang hadir. Sementara syarat paripurna bisa dimulai, 1/2 +1 dari jumlah anggota dewan, atau sekitar 26 orang. ”Tapi tadi setelah skor tiga kali tak quorum, dibatalkan paripurna hari ini. Nanti, akan ingatkan seluruh fraksi agar semua hadir,” sambungnya.

Baca Juga :  November Ceria dari Gasplay PGN di Pemukiman

Terkait dengan sanksi anggota dewan yang hadir, sesuai ketentuan, harusnya enam kali berturut-turut tidak hadir pada paripurna, akan dikenakan sanksi. ”Tapi kita tidak perlu menunggu sampai enam kali. Kita akan mengeluarkan surat teguran,” imbuh Aman.

Anggota dewan saat ini sudah mendekati masa akhir periode, seharusnya lebih rajin. ”Kita ini sudah diakhir jabatan, harusnya semakin rajin. Karena ini penilaian dari partai,” imbaunya. Anggota BK lain, Ruslan, juga menyampaikan hal yang sama diharapkan dewan saat ini bekerja lebih baik. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here