Anggota Dewan Wajib Cuti

0
521
Robby Patria (kiri) berdiskusi dengan Raja Ariza .F-istimewa

Syarat Ikut Kampanye

TANJUNGPINaNG – Anggota DPRD Kota yang akan mendampingi paslon Pilkada diwajibkan mengajukan cuti terlebih dahulu sebelum kampanye. Hal itu dikatakan Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria, kemarin.

”Sebagaimana ketentuan yang berlaku, jika anggota DPRD akan ikut pendampingan di gelaran pilkada serentak, diminta untuk mengajukan cuti terlebih dahulu,” kata Robby.

Aturan ini, sambung Robby sesuai tertuang didalam PKPU Nomor 3 tahun 2017 tentang kampanye khususnya pada pasal 63 ayat 1. Intinya, bahwa Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota, Wakil Walikota, anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi atau Kabupaten/Kota, pejabat negara lainnya, atau pejabat daerah dapat ikut kegiatan kampanye dengan mengajukan izin cuti.

Baca Juga :  PKS Siap Menangkan Syahrul-Rahma

”Karena kampanyenya pada hari kerja. Kalau kampanye nya hari Sabtu dan Minggu, tidak perlu ajukan cuti. Karena bukan hari kerja,” tegasnya.

Kemudian, selama kampanye, tegas Robby Patria, anggota dewan yang sudah cuti tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas negara atau fasilitas pemerintah. Mobil dinas salah satu fasilitas milik negara atau pemerintah daerah.

Hanya saja, ia katakan, sampai saat ini pihaknya belum tau, apakah sudah ada anggota Dewan Kota Tanjungpinang yang mengajukan cuti, untuk ikut kampanye bersama dengan paslon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang yang di jagokan. ”Kalau itu kita belum tau,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here