Anggota Paskibraka Mulai Gladi

0
200
Gladi upacara HUT RI di Kantor Walikota Tanjungpinang, Senggarang. Foto : Desi Liza Purba/Tanjungpinang Pos

TANJUNGPINANG – Anggota Paskibraka Tanjungpinang melaksanakan latihan gabungan pertama bersama pengapit dan pengawal yang bertugas pada Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 74, Senin (12/8) pagi.

Latihan dilaksanakan di tempat upacara pada 17 Agustus mendatang yaitu Kantor Walikota Tanjungpinang, Senggarang.

Penanggung jawab latihan Paskibraka Tanjungpinang, Lettu Tarno menuturkan, ini merupakan gladi upacara pertama.

Ia menuturkan, gladi terbagi menjadi tiga bagian. Pertama gladi kader atau personil yang sudah dilaksanakan. Dilanjutkan gladi kotor dan bersih dilaksanakan 15 Agustus mendatang.

“Gladi itu sudah sama persis dengan pelaksanaan upacara nantinya. Jadi mulai dari personil sampai formasi sudah disusun,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos di lokasi latihan.

Ia menuturkan, formasi petugas nantinya yaitu terdiri dari 17 orang, 8 orang serta empat orang pengapit dan pengawal beranggotakan 45 orang. Para pengapit dan pengawal merupakan gabungan dari unsur anggota TNI-Polri.

“Hari ini pertama latihan gabungan. Ada empat pengapit pada formasi tim delapan dan pengawal berjumlah 45 orang. Menurut saya sudah cukup bagus, namun masih perlu penyesuaian langkah, tempo dan ayunan tangan. Ini yang perlu dilatih agar seragam,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos di lokasi.

Ia menuturkan, sehari sebelum upacara, yaitu 16 Agustus hari tenang. Jadi empat hari kedepan latihan sudah sama persis sesuai formasi bertugas.

Dituturkannya, ada beberapa tahapan pelatihan yang diberikan kepada anggota Paskibraka. Terbagi menjadi tiga kategori yaitu tanggal 31 Juli sampai 5 Agustus merupakan latihan fisik. Dilaksanakan di lokasi karantina yaitu Hotel Comfort.

Setelah itu, lima hari sampai 10 Agustus merupakan pengenalan medan atau lapangan pelaksanaan upacara. Serta gladi yaitu pelaksanaan sama persis dengan upacara HUT RI nantinya.

Ia menuturkan, personil di tim pembawa baki yang terdiri dari delapan orang, nantinya ada yang bertukar orang. Khususnya yang membawa baki dan tiga orang lainnya.

“Kami mempersiapkan tim pembawa baki pengibaran dan penurunan bendera berbeda. Sedangkan tim pengapit, 17 dan 45 tetap sama,” tuturnya.

Ditambahkannya, meski merupakan agenda rutin tahunan, namun ada tantangan berbeda disetiap pelaksanaannya.

Menurutnya tidak boleh main-main, seluruh anggota yang terlibat harus serius dan gigih berlatih agar menampilkan yang terbaik pada upacara HUT RI mendatang.

Pantauan di lapangan, setelah berlatih satu sesi, para petugas diistirahatkan. Direncanakan, akan kembali berlatih hingga pukul 16.00 WIB.

Terkait jumlah pelatih, ia menuturkan ada 10 terdiri dari perwakilan TNI-Polri. Serta komandan upacara nantinya dijadwalkan dari unsur Lanudal.

“Sesuai jadwalkan komandan upacara nantinya dari satuan Lanudal,” tuturnya.

Kadispora Tanjungpinang, Djasman menuturkan, terkait menu latihan Paskibraka merupakan ranah pelatih yang berkompeten dibidangnya.

“Kita berdoa agar latihan dan pelaksanaan upacara nantinya berjalan lancar. Ini sebagai bakti para pemuda kepada bangsa. Mudah-mudahan mampu menampilkan yang terbaik,” tuturnya. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here